Rara Sekar, Eks Banda Neira Buat Petisi #KitaBersamaAnandaBadudu

Ananda Badudu.
Sumber :
  • Twitter/rarasekar

VIVA – Ananda Badudu ditangkap polisi karena membantu mengumpulkan dana masyarakat untuk aksi demonstrasi mahasiswa pada 23-24 September 2019 lalu. Tagar #BebaskanAnandaBadudu menggema di Twitter, dukungan dari berbagai kalangan mengalir.

Kasetpres: Istana Mini Banda Neira Jadi Istana Presiden Butuh Kajian

Salah satunya datang dari sahabat sekaligus rekan Ananda Badudu di Banda Neira, Rara Sekar. Penyanyi wanita itu membuat petisi untuk menuntut pembebasan Ananda Badudu dengan tagar #KitaBersamaAnandaBadudu.

Di laman change.org, Rara Sekar mengajak masyarakat untuk bersatu menandatangani petisi agar Ananda Badudu dibebaskan.

Ernest Prakasa Peringatkan Penipuan Berkedok Tiket Nobar Film

"Ananda Badudu, hanyalah seorang warga biasa yang tergerak atas kesedihan dan keputusasaannya melihat ketidakadilan di Indonesia hari ini. Seperti yang dituliskan di laman https://kitabisa.com/campaign/aspirasimahasiswa ia hanya menjalankan tugasnya sebagai warga negara yang peduli dengan negaranya, dan ingin memastikan tidak ada peraturan-peraturan anti-demokrasi yang lolos dari perhatian masyarakat," tulis Rara Sekar seperti yang dilihat VIVA, Jumat, 27 September 2019.

Baca Juga: Ananda Badudu, Penggalang Dana Aksi Mahasiswa Ditangkap Polisi

Ernest Prakasa Protes, Hasil Tes Swab Tidak Diperiksa Bandara

Rara Sekar juga menegaskan bahwa laporan penggunaan dana dari KitaBisa dilaporkan secara transparan oleh Ananda Badudu lewat media sosialnya. Selama ini, Ananda sibuk menyalurkan dana untuk tujuan kemanusiaan, memastikan adaakses ambulans di lokasi yang banyak korban, serta air dan oksigen untuk siapapun yang berada di lapangan saat itu.

"Ananda tidak sendiri, sebab Ananda Badudu adalah kita. Kita yang sudah lelah untuk dibungkam dengan segala taktik kekuasaan: UU ITE, pelarangan demonstrasi (di negara yang mengaku demokrasi?) dengan Menristekdiksi memberi sanksi pada rektor-rektor, pembahasan secara diam-diam RUU yang menyangkut kemaslahatan dan kekayaan alam Indonesia, pelanggaran HAM dan pengabaian terhadap segala tindak kekerasan struktural pada masyarakat terutama saudara-saudara kita di Papua, hingga perusakan lingkungan dan pembakaran hutan yang berkelanjutan atas nama pembangunan," lanjur Rara.

Saat berita ini ditulis, petisi #KitaBesamaAnandaBadudu sudah merai lebih dari 50 ribu tanda tangan dan terus bertambah. Dukungan untuk menandatangani petisi ini juga datang dari para sineas, seperti Joko Anwar, Ernest Prakasa, dan Arie Kriting.

"Dengungkan hingga ke penjuru negeri. BEBASKAN ANANDA BADUDU! #BebaskanAnandaBadudu #ReformasiDikorupsi," tulis Ernest Prakasa di Twitternya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya