Hengkang dari NOAH, Uki Kini Dagang Baju

Uki Eks Noah
Sumber :
  • Viva.co.id/Cahyo Purnomo Edi

VIVA – Mantan gitaris band Noah, Mohammad Kautsar Hikmat atau biasa disapa Uki telah resmi hengkang sejak Agustus 2019 yang lalu. Paska memutuskan keluar dari NOAH, Uki pun mencoba untuk membangun bisnis baru yaitu busana muslim untuk anak muda.

Uki Eks NOAH Klarifikasi Konflik Andika Peterpan, Minta Tak Salahkan Ariel

Mengusung merek dagang bernama EMKA, Uki bersama sang istri mencoba berdagang sekaligus menyiarkan agama Islam lewat produk busana muslim yang dibuatnya. Membidik pasar anak muda muslim, Uki pun memasarkan EMKA di sejumlah acara-acara tabligh akbar maupun pengajian-pengajian.

"EMKA singkatan dari every one must know Allah. Jadi kita bersyiar lewat baju untuk mengenalkan orang-orang pada agama Islam, pada pesan-pesan Islam," ujar Uki saat ditemui di Muslim United yang digelar di Masjid Gede Kauman Yogyakarta, Jumat, 11 Oktober 2019.

Putuskan Hijrah, Jenita Janet: Banyak yang Harus Aku Korbankan

Uki menerangkan jika dirinya sengaja membidik pasar anak muda muslim untuk membangun jati diri Islam lewat busana muslim yang diproduksi. Lewat pesan-pesan yang ada dalam kaos yang dibuatnya Uki berharap pesan-pesan Islam itu bisa tersampaikan dengan baik.

"Intinya kita pengin anak muda daripada mempromosikan band-band orang di luar negeri sedangkan mereka adalah umat Islam. Melalui baju yang biasa mereka pakai bisa menyebarkan pesan-pesan baik. Siapa tahu dari situ ada orang yang hijrah setelah membaca pesan itu," terang Uki.

Masih Ingat Uki eks NOAH? Begini Kabarnya Sekarang

Uki mengaku sudah selama setahun belakangan ini membangun bisnis busana muslim lewat merk EMKA. Uki mengaku tak mematok harga mahal untuk setiap baju muslim yang diproduksinya.

Untuk kaos, Uki menyebut ada diharga Rp125 ribu. Sedangkan untuk kemeja, Uki mematok harga Rp250 ribu. 

"Range harga dari Rp100 ribu sampai Rp250 ribu. Kaos di sini kita jual Rp100 ribu. Di sini lagi diskon dan promo. Kalau di online Rp125 ribu. Masih masuk akal untuk syiar. Untuk syiar kita ga pasang harga gimana. Karena tujuan kita mencari barokah selain rizki. Rizki Insyaallah ada saja," terang Uki.

Uki menceritakan saat awal memutuskan terjun di usaha busana muslim sempat mengalami pesimis. Hal ini muncul karena Uki saat memulai bisnis tersebut mengaku belum tahu pasar yang akan dihadapinya.

"Awalnya pesimis. Dulu memang di seni ya. Dulu memang sering desain. Waktu di band sudah mulai. Tapi belum desain bertema Islam. Seiring sering baca buku Islam, baca quote terus coba dijadikan kaos. Awalnya pesimisme ada. Setelah mengetahui pasarnya ya di sini jualnya. Alhamdulillah. Insya Allah bisa lebih baik," ungkap Uki.

Uki menambahkan bahwa dirinya merasa enjoy menekuni bisnis busana muslim seperti saat ini. Uki pun mengaku saat ini dirinya mulai bisa merasakan manfaat dari berjualan busana muslim.

"Kalau sekarang lebih senang kayak gini. Manfaatnya, Insya Allah lebih banyak ya. Kalau kita cari kesenangan ya gak ada akhirnya. Dan kesenangan belum tentu baik buat kita. Memang kemarin-kemarin senang tapi ga tau baik atau enggaknya. Sangat relatiflah," tutup Uki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya