Ariel Tatum Ingin Bagi Pengalaman Derita Gangguan Kesehatan Mental BPD

Ariel Tatum.
Sumber :
  • VIVA/Wahyu Firmansyah

VIVA – Ariel Tatum ternyata salah satu penderita Borderline Personality Disorder (BPD) atau kepribadian ambang akut yang menyebabkan dirinya sulit untuk berkegiatan dan menjalin hubungan dengan orang lain. 

Jadi Gampang Sakit, Benarkah Stres Mempengaruhi Sistem Imun?

Bersama dengan dr. Liza Marielly, yang juga psikolog sekaligus hypnotherapist?, Ariel membagikan cerita dan ilmu seputar perbedaan stres dan depresi, bagaimana cara memperbaiki kesehatan mental, bagaimana cara berlatih untuk mencintai diri sendiri, hingga pengetahuan psikologis mendasar lainnya.

"Sebenernya ke depannya bukan seminar-seminar yang akan aku lakukan. Aku berencana buat workshop yang lebih intimate untuk tema yang lebih mengerucut. Bagaimana hadapi bully keseharian, bagaimana tetap self love, bagaimana hadapi kekerasan dalam rumah tangga," ujar Ariel Tatum di Graha Niaga Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu, 19 Oktober 2019. 

Atasi Gangguan Mental Sebelum Berujung Depresi, Ini Solusi Menjaga Kesehatan Jiwa

Seminar yang bertajuk End The Shame ini menjadi salah satu hal yang cukup penting sebab kurangnya kesadaran masyarakat tentang bagaimana sebaiknya mengatasi atau memberikan perhatian pada orang-orang dengan penyakit mental. 

Kurangnya informasi itu menyebabkan banyak orang yang mengalami atau menderita kesehatan mental tetapi tidak menyadarinya.

Meli Joker Tewas Bunuh Diri Sambil Live di Instagram, Psikolog Soroti Hal Ini

"Masih banyak yang tanya self love gimana? Aku mikir harus bikin seminar pembuka untuk tahu self love tuh apa sih. Gimana bedain stres dan normal. Aku pengin kasih info lebih lanjut tentang pengetahuan dasarnya," katanya.

Ariel juga berbagi pengalaman saat dirinya mencari pengobatan yang cocok untuk penyakit yang dideritanya. Ia mulai terbuka setelah melihat banyak orang yang memang membutuhkan pengobatan yang tepat untuk kesehatan mental.

"Aku mau buka diri karena di satu sisi aku bangga lihat perubahan generasi aku yang mau terbuka soal kesehatan mentalnya," seru Ariel Tatum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya