Marshanda Ungkap Kondisi Mental Ayahnya yang Dulu Dibilang Pengemis

Marshanda dan ayahanda, Irwan Yusuf
Sumber :
  • Instagram.com/marshanda99

VIVA – Marshanda buka-bukaan soal sakit mental yang dideritanya selama ini. Lewat program Q&A di Metro TV, wanita yang akrab disapa Caca ini menceritakan awal mula didiagnosis sebagai seorang bipolar, menolak hingga akhirnya menerima secara penuh kondisinya saat ini.

Gelapnya Dunia Pendidikan: Perundungan Mengancam Kesehatan Mental Calon Dokter Spesialis

Marshanda juga mengungkap kondisi sang ayah yang juga didiagnosis sebagai bipolar. Beberapa tahun lalu, sempat heboh kabar seorang pria dengan penampilan lusuh seperti pengemis yang ternyata adalah ayah Marshanda.

"Diagnosa yang sama dengan dokter yang dulu mendiagnosaku, papa juga bipolar dengan ciri psikotik," kata Marshanda dalam YouTube Q&A Metro TV, Senin, 28 Oktober 2019.

Prof Tjandra: Ramai Kasus Depresi di Kalangan PPDS, Ini 5 Rekomendasi Tindak Lanjut Perlu Dilakukan

Namun kondisi sang ayah yang juga sakit mental tak membuat Marshanda malu. Caca bahkan menyebut bahwa sang ayah adalah figur yang paling berjasa dalam hidupnya. 

"Dalam hidupku, mama berjasa luar biasa. Tapi sekarang aku mau mengutamakan papa, dalam acara QnA yang luar biasa ini, karena papaku dianggap remeh oleh banyak orang," seru Marshanda.

Memahami Depresi: Mengenali Tanda-Tandanya dan Cara Mencari Bantuan

"Aku mau kasih credit ke papa dan aku mau kasih tahu bahwa karena dia aku jadi superwoman. Karena dia adalah papaku, karena dia punya sakit mental, karena orang anggap dia pengemis lah. Dulu sempat ada headline-nya, karena dulu penampilan dia lebih kotor daripada pengemis, because of his illness," Marshanda menambahkan.

Marshanda merasa, sang ayah jadi sumber kekuatan dalam hidupnya. Dia juga mengungkap bahwa saat ini, kondisi sang ayah sudah baik, tanpa minum obat. Ayah Marshanda kini tinggal di sebuah pesantren dan Caca berencana akan membawanya untuk tinggal bersama.

"Sekarang dia udah beberapa tahun tinggal di pesantren, enggak dikasih obat, dan dia betah di situ. That's a good thing. Insya Allah nanti dia akan tinggal sama aku, that's my future plan," tambah Marshanda.

Bintang sinetron ini juga sangat mensyukuri punya seorang ayah seperti papanya saat ini. Caca mengungkapkan rasa terima kasihnya pada sang papa dalam episode bertajuk I'm Not Okay and That's Okay tersebut.

"Aku mau kasih credit ke papa, karena sudah menjadi papaku dan sekarang dia masih sering nanyain aku and he loves me, dan papa mau kasih kesempatan untuk aku jadi anaknya," tutur Marshanda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya