Komentari Tuduhan Atta Halilintar Nista Agama, Dorce Dikritik Netizen

Dorce Gamalama
Sumber :
  • Aiz Budhi/VIVA

VIVA – Atta Halilintar kembali menjadi sorotan usai dilaporkan ke pihak berwajib atas dugaan penisataan agama. Hal ini bermula dari sebuah video yang menampilkan Atta Halilintar dan adik-adiknya yang diduga telah sengaja mempermainkan beberapa gerakan salat.

5 Artis Indonesia Meninggal Dunia di Tahun 2022

Untuk itu, seorang pelapor bernama Ustaz Ruhimat didampingi kuasa hukumnya, Firdaus Oiwobo melaporkan Atta ke Polda Metro Jaya hari Rabu, 13 November 2019. Atta Halilintar dilaporkan dengan dugaan pelanggaran Pasal 156 a, dan UU ITE Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 a tentang dugaan Penistaan Agama yang diduga dilakukan oleh Atta Halilintar dan kawan-kawan.

Dalam video itu, Atta diduga dengan sengaja membaca ayat suci Alquran dengan lambat sebagai imam. Beberapa saat kemudian, dia menjadi makmum, namun menerima handphone dari adiknya. Lagi-lagi Atta diduga sengaja menerima panggilan telepon dan bernada keras. Atta juga dianggap bermain-main dan menyenggol kaki dengan adiknya.

Heboh Anak Angkat dan Keluarga Dorce Gamalama Adu Mulut Soal Wasiat

Terkait dengan video Atta Halilintar yang ramai diperbincangkan pekan lalu dengan dugaan penistaan agama, presenter kenamaan Dorce Gamalama angkat bicara. Melalui akun Instagram pribadinya, Bunda Dorce sapaannya mengunggah sebuah video yang mengkritik tindakan Atta Halilintar di akun Instagram pribadinya.

“Assalamualaikum wr.wb., tadinya saya enggak mau komentar tapi begitu saya lihat Atta Halilintar mempermainkan salat, masya Allah, subhanallah, naudzubillah harusnya kamu bersyukur atas nikmat yang Allah berikan. Kok kamu dari keluarga muslim tapi kamu kok mempermainkan agama. Masya Allah Atta Halilintar sudah gitu sama saudara-saudara kamu lagi. Masa ada imam kok kamu malah seperti main telepon seperti itu, gak lucu ya Allah, gak lucu," kata Dorce dalam video berdurasi satu menit dalam akun Instagramnya, Minggu, 17 November 2019.

Sudah Tiga Bulan, Begini Kondisi Makam Dorce Gamalama Sekarang

"Kalau orang yang bukan Islam seperti itu mungkin bisa kita maklumi karena dia tidak tahu, kamu orang Islam kok begitu, inget Atta jangan sampai Allah murka, Allah ambil nikmat dari kamu jangan, jangan mempermainkan sholat ingat,” ujarnya lagi.

Unggahan pada Minggu malam kemarin ini pun menuai ratusan komentar dari netizen. Tidak sedikit dari netizen yang malah mengkritik balik Dorce Gamalama, dan menyarankan Dorce untuk melihat klarifikasi Atta Halilintar di akun YouTube keluarga besarnya, Gen Halilintar.

“Ngaca dulu kalau menilai orang emang gak liat vlognya,” kata netizen.

“Dalam islam juga sebaiknya kalau mau menegur, menasehati, langsung ke orangnya. Susah ya DM aja gitu atau chat personal? Harus banget bikin video di publish gini? Kesannya jadi gimana gitu, lagian kalau diperhatikan sering deg komentarin hal-hal yang viral. Mon maap ya pansos ya bun? Kok jadi gimana ya liatnya.”

“Tabbayyun dulu di full videonya bunda.”

“Bunda, Atta dan adik-adiknya sudah klarifikasi di channel Gen Halilintar. Cuss lihat, supaya tidak salah paham,” komentar lainnya.

“Lihat judul video terlebih dahulu ya bunda kalau mau comment,” ujar netizen lain.

Dalam video klarifikasi, Atta dan keluarga Gen Halilintar menegaskan bahwa video tersebut dibuat untuk menggambarkan hal-hal yang tidan boleh dilakukan saat sedang salat. Deskripsi video tertulis bahwa keluarga Halilintar ingin menggambarkan tipe orang dalam menjalankan salat tarawih sebagai pengingat agar tidak melakukannya.

"Di judulnya udah jelas ya guys, jadi kalau ada judulnya, yang tipe-tipe salat yang ditiru atau melecehkan salat, itu tidak sesuai judul, apalagi kalau isinya sudah di-cut-cut," kata Atta Halilintar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya