HyunA Ngaku Menderita Depresi, Gangguan Kecemasan dan Mudah Pingsan

HyunA
Sumber :
  • Soompi

VIVA – Penyanyi K-Pop, HyunA belum lama ini menjadi sorotan lantaran sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya. Mantan personel Wonder Girls dan 4 Minute itu berbagi mengalami pengalamannya menderita depresi, gangguan kecemasan dan vasovagal syncope (kondisi mudah pingsan).

Yong Junhyung Konfirmasi Pacaran Sama HyunA, Minta Dukungan dari Fans

Di awal tulisannya, wanita berusia 27 tahun itu menceritakan awal kariernya, di mana ia mampu mewujudkan mimpinya sebagai penyanyi di usia yang sangat muda.

Namun, kala itu ia begitu fokus pada kariernya dan berambisi untuk mencapai kesuksesan sampai-sampai ia tidak tahu bawah ia sakit.

Dirumorkan Berkencan, Begini Tanggapan Agensi HyunA dan Junhyung Eks Highlight

"Aku tidak menghiraukan penyakitku karena aku baik-baik saja. Tapi aku akhirnya tahu bahwa aku sakit secara mental, saat aku ke rumah sakit pada 2016 lalu," tulis HyunA dikutip dari laman Soompi, Jumat, 29 November 2019.

Ia lantas mengatakan bahwa waktu itu ia tidak percaya diagnosis dokter yang mengungkapkan bahwa ia menderita depresi dan gangguan kecemasan.

Unggah Foto Gandengan Tangan, HyunA Pacaran Sama Junhyung Eks Highlight?

"Kurasa aku tidak mempercayai hal itu selama satu tahun," ucap kekasih E’Dawn itu.

Namun, lama kelamaan ia akhirnya bisa menerima keadaaannya dan mencari pertolongan serta pengobatan yang ia butuhkan.

HyunA pun mulai melakukan pengobatan sekali setiap dua minggu, dan dia mencoba untuk tak berpikir hal buruk karena orang-orang di sekitarnya peduli dan menyayanginya.

"Tapi kemudian pingsan untuk pertama kalinya, di mana penglihatanku kabur dan aku ambruk," ujar HyunA.

Ia berpikir hal itu merupakan bagian dari gejala gangguan kecemasannya. HyunA pun tak terlalu mempedulikan hal itu. Tetapi sejumlah dokter menyarankannya untuk melakukan tes gelombak otak.

"Dan aku mengetahui bahwa aku menderita penyakit yang dinamakan vasovagal syncope. Aku merasa tersesat dan tak punya pilihan," katanya.

Saat itu ia ingin berada di panggung, bernyanyi seperti biasanya. Namun, ia takut ia akan pingsan di atas panggung dan membuat khawatir banyak orang.

"Kalau orang-orang tahu aku sakit, mungkin mereka tak mau aku tampil," tambahnya.

Karena itu lah, HyunA menyembunyikan kondisi kesehatannya itu dari banyak orang untuk waktu yang lama.

Keputusannya untuk mengungkap penyakit yang dideritanya ini dikarenakan HyunA tak mau mengecewakan banyak orang. Ia pun akhirnya mengumpulkan keberanian untuk jujur melalui unggahan tersebyt.

"Aku akan tetap berani mencoba untuk sehat, tapi kupikir tak ada orang yang sempurna. Aku pikir belum terlambat dan aku akan mencintai dan merawat diri sendiri. Aku akan menjadi berani dan jujur seperti aku yang sekarang," ucap HyunA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya