Reaksi Agnez Mo Disebut Tak Nasionalis karena Sering Berbahasa Inggris

Agnez Mo.
Sumber :
  • VIVA/Aiz Budhi

VIVA – Agnez Mo akhirnya angkat bicara secara langsung perihal pernyataanya yang menuai pro dan kontra. Agnez seperti yang sudah diketahui sempat mengaku tidak memiliki darah Indonesia dalam acara BUILD Series di New York, Amerika Serikat.

John F. Kennedy Masih Menjadi Presiden Terfavorit Warga AS, Ini Faktanya

Host dalam acara talk show tersebut bertanya kepada Agnez tentang mengapa dirinya berbeda dengan orang Indonesia pada umumnya. Agnez dengan tenang menjawab pertanyaan tersebut.

"Iya.. karena sebetulnya saya tidak punya darah Indonesia. Saya sebetulnya (berdarah) Jerman, Jepang, dan China, dan saya lahir di Indonesia," ujar Agnez dalam video yang diunggah ke YouTube pada 22 November lalu.

Sujiwo Tejo Pertanyakan Nasionalisme Tom Lembong

Agnez melalui wawancaranya dengan Deddy Corbuzier meluruskan bahwa apa yang dimaksudnya sebagai ‘darah’ dalam kalimat tersebut adalah garis keturunan.

“Itu daily conversation, bahwa Indonesian blood itu bukan kayak darah secara literaly, tapi itu garis keturunan, kita ngomong secara biologically,” ucap Agnez seperti yang dikutii VIVA dari YouTube Deddy Corbuzier.

Panas, Anggota TNI Semprot Kepala Sekolah yang Diduga Ogah Upacara Bendera Tiap Senin

Karena pernyataan tersebut, rasa nasionalis Agnez pun sempat dipertanyakan. Kepada Deddy, pelantun single Diamond itu mengaku bahwa ini bukanlah kejadian pertama soal rasa nasionalisnya yang dipertanyakan. 10 tahun yang lalu, Agnez juga mengalami hal yang sama.

“Dulu mungkin sekitar 10 tahun yang lalu pada saat lagi saya berusaha belajar bahasa Inggris dianggap tidak nasionalis,” kata Agnez Mo.

Menurut Agnez Mo, saat ini harus baginya untuk bisa lancar berbahasa Inggris. Agnez menambahkan bahwa untuk mempromosikan budaya Indonesia ke dunia internasional, salah satunya harus didasari dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik.

“Tapi sekarang gimana caranya saya bisa promosi negara saya, ke negara luar kalau saya enggak bisa bahasa Inggris,” kata Agnez.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya