Tak Berdarah Indonesia, Agnez Mo Ungkap Asal Nama 'Jawa' Ayahnya

Agnez Mo
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Beberapa waktu yang lalu, penyanyi multitalenta Agnez Mo menuai kontroversi karena pernyataan ‘I Don’t have Indonesian blood’ dalam acara BUILD Series di New York, Amerika Serikat. Dari pernyataan Agnez soal tidak berdarah Indonesia itu, kemudian warganet melebarkan hal tersebut.

Agnez Mo Urus e-KTP di Kelurahan Tuai Sorotan Warganet: Kalo Warga Biasa Pasti Disuruh Ganti Celana

Salah satu yang disinggung warganet adalah nama ayah Agnez Mo yakni Ricky Muljoto yang dinilai sangat Indonesia. Sehingga, Agnez dinilai berbohong dengan pernyataan tidak berdarah Indonesia tersebut.

Soal hal itu, Agnez akhirnya angkat bicara dan memberi klarifikasi secara langsung kepada Deddy Corbuzier dalam sebuah wawancara. Deddy pun mengunggah video klarifikasi Agnez dengan judul 'AGNEZ MO MENJAWAB INDONESIA - EXCLUSIVE??KLARIFIKASI', Agnez Mo Indonesiaku.

Agnez Mo Bahas Nasi Padang di Grammy, Netizen Ikut Bangga

“Oh ya, ada juga yang nanya gini soal nama orangtua. Ada orang yang bilang, 'Lho itu nama bapakmu itu Muljoto, itu pasti ada Jawa-nya'. Nah, buat orang-orang yang lebih tahu silsilah keluarga saya dibandingkan saya sendiri, ini saya kasih pencerahan," ucap Agnez seperti yang dikutip VIVA pada Senin, 2 Desember 2019.

Baca juga: Kalahkan Chris Hemsworth, Jin BTS jadi Pria Paling Tampan di Dunia

Gaya Agnez Mo di Billboard Women in Music Awards Tuai Pujian

Pelantun single Nanana itu menjelaskan bahwa pada suatu waktu di Tanah Air, orang-orang yang bukan kelahiran atau keturunan Indonesia diharuskan untuk mengganti nama. Mereka harus menyandang nama yang mengandung unsur Indonesia atau nama orang Indonesia. Hal tersebut turut dialami oleh ayah Agnez.

“Jadi kita tahu ya, pada zamannya orang harus ganti nama. Yang namanya Chinese yang ada tiga nama itu, ada nama marga Chinese harus diubah menjadi nama yang lebih Indonesia. Karena ada beberapa kebutuhan yang mengharuskan mereka untuk mengganti," ungkap Agnez.

Agnez menambahkan, bahwa nama Muljoto atau nama Indonesia dalam keluarganya pertama kali diubah oleh ayahnya secara langsung. Nama itu bukan diperoleh dari turunan kakek-nenek atau bahkan moyang Agnez.

“Nama Muljoto itu bahkan bukan dari kakek-nenek, moyang saya. Yang mengubah itu, ya ayah saya,” tegas Agnez.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya