Kang Daniel Depresi, Ini Sebab Artis K-Pop Berisiko Gangguan Mental

Kang Daniel
Sumber :
  • YMC Entertainment

VIVA – Kabar artis K-Pop yang mengalami gangguan kesehatan mental tentu bukan hal baru. Belum hilang di ingatan, aktris Sulli eks f(X) juga dikabarkan meninggal karena bunuh diri. Belakangan diketahui bahwa ia sempat mengalami depresi yang salah satunya disebabkan oleh komentar negatif dari netizen. 

5 Idol K-Pop yang Dilarang Menghasilkan Uang oleh Agensinya

Terbaru, Kang Daniel juga akhirnya memutuskan untuk hiatus dari dunia hiburan Korea Selatan. Ia mengungkapkan perasaannya terkait dengan komentar jahat yang menyerangnya. Hal ini diungkapkan Kang Daniel melalui situs fancafe resminya. 

Kang Daniel mencurahkan semua perasaannya terkait dengan kondisinya. Setelah munculnya curahan hati itu, muncul sebuah kabar bahwa Kang Daniel didiagnosis menderita depresi pada awal tahun ini.

Respon Coca-Cola Usai Kang Daniel Salah Sebut Merek dalam Acara 'Street Man Fighter'

Tapi, mengapa artis K-Pop begitu rentan mengalami masalah gangguan mental?

Seperti dilansir dari Korea Herald, para ahli menunjukkan bahwa selebritas, yang menarik perhatian publik, bisa sangat rentan terhadap depresi karena beberapa alasan. Kim Byung Soo, seorang psikiater di Asan Medical Center yang memiliki beberapa pasien selebriti, menyebut keadaan emosi yang tidak stabil dan pemisahan identitas sebagai penyebab utama seringnya mereka mengalami depresi.

7 Idol K-Pop Berasal dari Keluarga Broken Home, Ada Kang Daniel dan Sejeong

“Studi psikologi telah menunjukkan bahwa selebriti, yang terlibat dalam kegiatan kreatif dan artistik, memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena depresi daripada orang biasa. Orang-orang dalam profesi seperti itu lebih rentan terhadap perubahan suasana hati dan konsumsi emosional daripada orang lain, unsur-unsur yang terkait dengan depresi,” katanya.

Kim juga mengatakan tokoh-tokoh publik juga memiliki pemisahan kepribadian mereka, yang terbagi menjadi identitas sosial dan nyata. Ketika jurang melebar, didorong oleh pertumbuhan ego sosial mereka yang tidak seimbang yang dipenuhi dengan ketenaran, para selebriti mungkin kehilangan diri mereka yang sebenarnya dan sangat bergantung pada penampilan topeng mereka. 

Langkah lain menuju depresi bisa berupa isolasi,. Kim menyebutnya sebagai "memutuskan semua ikatan dari diri masa lalu."

“Menjadi seorang selebritas bisa seperti menyeberangi sungai yang kamu tidak pernah bisa kembali. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa selebriti akan selalu dikelilingi oleh orang banyak, tetapi hubungan pribadi mereka sebenarnya sangat terbatas dan sempit," kata Kim. 

Ia melanjutkan, bahwa sangat sulit bagi mereka untuk terlibat dalam hubungan serius dengan orang lain. Ini karena mereka cenderung bersikap defensif dengan pemikiran bahwa orang menyukai mereka hanya karena penampilan dan reputasi mereka. Hal itu membuat mereka kesepian dan terpisah, bahkan dari teman dekat dan keluarga mereka.

Park Sang Hee dari Sharon Counseling Center, seorang psikiater yang juga merupakan bagian dari kelompok gadis di tahun 90-an, menulis dalam sebuah opini bahwa tokoh-tokoh terkenal sering didorong ke dalam depresi dengan menjalani kehidupan yang tidak stabil dan terisolasi.

Saat selebriti sangat terpapar penyakit mental, mereka memiliki akses terbatas ke perawatan karena kehidupan profil tinggi mereka. Menurut Kim, sebagian besar tokoh masyarakat yang menderita depresi ragu-ragu untuk mengunjungi klinik mental karena mereka takut pengakuan. Beberapa agensi K-Pop besar dikatakan memiliki penasihat internal untuk artis mereka.

“Kami tidak dapat mengidentifikasi pasien kami, tetapi banyak seleb yang diam-diam menemui dokter, sementara banyak dari mereka mungkin masih menyembunyikan penyakit mental mereka,” kata Kim.

Seorang manajer artis K-Pop menjelaskan bahwa sulit untuk melindungi artis dari stres walaupun mereka berusaha untuk memantau kondisi mereka sebanyak yang mereka bisa. Menurutnya banyak bintang K-Pop tidak dapat melarikan diri dari tekanan hidup hingga standar publik, terutama ketika mereka sudah merasakan ketenaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya