French New Wave Anna Karina Meninggal Dunia

Anna Karina
Sumber :
  • Hollywood Reporter/ photofest

VIVA – Anna Karina, bintang yang terkenal dengan julukan French New Wave yang telah diakui di dunia internasional dalam film yang disutradarai oleh suaminya saat itu Jean-Luc Godard meninggal di usia 79 tahun.

Ibunda Tangmo Nida Yakin Kematian Putrinya Penuh Kejanggalan

Dikutip dari The Hollywood Reporter, Anna Karina meninggal pada hari Sabtu, 14 Desember 2019 pukul 2.38 waktu setempat di Paris akibat penyakit kanker. Agennya, Laurent Balandras, mengatakan bahwa  Suaminya, Dennis Berry, ada di sisinya saat itu.

Godard menjadi sosok yang sulit dilepas dari karier Anna Karina. Keduanya menikah dari tahun 1961-64, ia berperan dalam karya-karya yang mengesankan seperti A Woman Is a Woman  (1961), Vivre sa vie  (1962),  Band of Outsiders  (1964),  Pierrot le Fou  (1965), dan Alphaville  (1965).

Kerabat: Dorce Gamalama Divonis COVID, Sejak 3 Minggu Lalu

Baca Juga: Jacquelin Wong Viral Usai Selingkuh dan Sembunyi di Kanada 8 Bulan

Tetapi karier Anna Karina tidak hanya sampai di situ. Anna juga terkenal karena kerja kerasnya dan bekerjasama dengan nama-nama besar lainnya seperti Jacques Rivette, Luchino Visconti, Chris Marker, Volker Schlöndorff dan Rainer Werner Fassbinder.

BREAKING NEWS: Dorce Gamalama Meninggal Dunia

Dia juga menjadi headline sejumlah produksi berbahasa Inggris, termasuk Guy Green's  The Magus  (1968), Before Lee Comes  dari J. Lee Thompson  (1968), Justine  George Cukor  (1969), Laughter in the Dark  karya Tony Richardson (1969), dan Jean- Yves Prate,  Regina Roma (1982), di mana ia membintangi bersama Anthony Quinn dan Ava Gardner.

Tidak hanya di dunia akting Anna Karina juga berkarir sebagai penyanyi pop, ia merilis dua single dan album untuk musikal 1967 dengan lagu-lagu yang disusun oleh Serge Gainsbourg. Dia merilis album lain, Une histoire d'amour , pada tahun 1999, serta dua adaptasi musikal dari cerita klasik oleh Hans Christian Andersen.

Anna Karina kecil dibesarkan oleh kakek nenek dan ibunya, yang mengelola sebuah toko pakaian. Dia mulai menjadi model pada usia 15 tahun untuk majalah mode Denmark. Ketika dia baru berusia 18 tahun, Karina memutuskan untuk mencoba peruntungannya di Paris.

Dia segera ditemukan oleh agen model dan mulai berpose untuk majalah mode Prancis seperti Elle dan Marie Clair, ia juga tampil sebagai bintang iklan untuk Palmolive, Pepsodent dan Coca-Cola.

Godard melihat Anna Karina dalam sebuah iklan dan mencoba memerankannya untuk peran kecil dalam Breathless, namun pertemuan itu tidak lah mulus keduanya bertengkar.

Pertemuan keduanya berlanjut, Godard hampir membuat Anna Karina menangis ketika merekam salah satu urutan film terbaik. Produksi Le Petit Soldat  berlangsung selama dua bulan dan diliputi masalah, namun pada akhirnya, Godard dan Karina jatuh cinta.

Keduanya menikah pada bulan Maret 1961, foto-foto pernikahan membuat sampul tabloid  Paris-Match di bawah judul, "The New Wave Bride." Tapi euforia mereka berumur pendek. Karina, yang sudah hamil saat itu, kehilangan bayinya beberapa bulan kemudian dan menjadi mandul.

Sisa pernikahan mereka ditandai oleh kolaborasi sinematik yang intens dan hubungan luar biasa yang penuh penghinaan yang dipenuhi dengan laporan perselisihan pahit dan urusan di luar nikah.

Setelah Godard, ia menikah dengan aktor Pierre Fabre, aktor sutradara Daniel Duval, dan yang terakhir bersamanya penulis sutradara Berry. Penghargaan terakhirnya pada tahun 2017, Karina dinobatkan sebagai Chevalier dari Legion of Honor.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya