Rekan Artis Kenang Ria Irawan: Aktris Terbaik, Tomboy, Bikin Minder

Ria Irawan.
Sumber :
  • Instagram @riairawan

VIVA – Ria Irawan aktris senior yang telah membintangi banyak judul film sejak kecil meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, akibat sel kanker yang telah menggerogoti paru-parunya. Ria meninggal, Senin, 6 Januari 2020.

Mantan Suami Almarhumah Ria Irawan, Mayky Wongkar Menikah Lagi

Ria yang sempat disemayamkan di rumah duka di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, banyak didatangi oleh rekan-rekan artis. Sebagian dari mereka yang hadir mengungkapkan bagaimana sosok aktris yang namanya mulai melambung setelah berperan dalam film Kembang Kertas pada tahun 1984 itu.

Salah satunya Jajang C. Noer, ia melihat Ria sebagai wanita yang riang dan pemberani. Jajang juga menganggap putri Bambang Irawan dan Ade Irawan itu sebagai aktris terbaik Indonesia.

Cerita Haru Dewi Irawan, Pakai Busana Ria Irawan Saat Syuting

"Salah satu aktris Indonesia terbaik, tapi dia juga salah satu aktris yang hatinya baik, hatinya riang, pemberani sekali, penuh integritas, itu Ria. Dia spesial, sangat spesial," ujar Jajang di Rumah Duka, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Senin, 6 Januari 2020.

Kebaikan Ria Irawan juga dirasakan oleh pedangdut Iis Dahlia yang turut hadir melayat ke rumah duka. Meski senior dalam dunia akting Iis melihat Ria sangat baik terhadap junior-juniornya.

10 Kabar Kematian Artis Paling Mengejutkan di 2020

"Ya sosok yang baik ya. Orangnya enggak lihat junior. Terus rame lah kalau ada Ria selalu rame," kata Iis.

Sementara, Tora Sudiro mengaku kaget saat mendapatkan kabar meninggalnya Ria Irawan, ia menganggap Ria sebagai aktris yang profesional bahkan ayah lima anak ini minder jika bertemu dengan Ria.

"Kaget aja tadi pagi saya baru bangun pas ujan deres, saya buka Twitter dapet kabar kalau Ria sudah enggak ada, tapi ya mau gimana, Tuhan lebih sayang kayaknya. Ria orang yang profesional banget ya, saya syuting beberapa kali sama dia, minder saya, dia baik juga sama temen, asyiklah pokoknya," ucap Tora.

Sedangkan, Chacha Frederica mengaku sangat terinspirasi dengan Ria Irawan. Ia sempat mendapatkan teguran dari Ria yang membuatnya kini merasa lebih baik dalam berakting.

Chacha juga melihat sosok Ria Irawan sebagai perempuan yang pantang menyerah dalam menghadapi berbagai cobaan salah satunya penyakit kanker yang kini merenggut nyawa Ria.

"Tante Ria Irawan itu sosok yang sangat kuat, selalu positif thinking, selalu menunjukkan bahwa kita tuh selalu punya semangat. Yang namanya punya penyakit itu dilawan yang namanya penyakit itu ya kita emang enggak bisa milih kita dapat penyakit apa, tapi kita bisa milih kita mau semangat hidup atau kita tidak semangat hidup. Jadi spiritnya tante Ria yang sangat luar biasa gitu," ujar Chacha.

Rano Karno yang juga hadir ke rumah duka mengaku juga mengenal Ria Irawan sejak kecil, sebab ayah keduanya merupakan teman dekat. Dia menganggap Ria sebagai perempuan yang tomboy tetapi tetap cantik, sifat tomboynya itu lah yang membuat Ria bisa terus bertahan menghadapi penyakitnya.

"Saya tahu dia dari kecil kebetulan almarhum ayahnya Pak Bambang Irawan temen almarhum bapak, jadi saya tahu kecil gimana. Dia orang yang sangat ceria, sangat survive. Artinya tak begitu. Dia perempuan tapi tomboy, cantik. Rambut panjang tergerai tapi kelakuan anak laki kalau Ria sebetulnya," kata Rano.

"Makanya kalau dia bisa bertahan dan memberi penyemangat kepada teman-temannya itu lah dia. Tipe fighter sampai dia terakhir. Allah lebih cinta daripada berkepanjangan. Kita doakan mudah-mudahan Allah memberikan tempat yang terbaik," ujar Rano Karno mendoakan Ria Irawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya