Relawan ANTV dan Bakrie Amanah Salurkan Bantuan ke Kabupaten Banten

ANTV peduli
Sumber :
  • Dokumentasi ANTV

VIVA – Di bawah payung Bakrie Tanggap relawan ANTV bersama Bakrie Amanah menyalurkan bantuan logistik berupa paket makanan, bahan makanan, mukena, perlengkapan wanita, perlengkapan bayi, peralatan kesehatan dan sejumlah pakaian serta memberikan layanan psikososial trauma healing kepada warga korban bencana banjir bandang di Kabupaten Lebak, Banten. Tiga lokasi tersebut meliputi, Kampung Bujal, Desa Banjarsari, Kecamatan Lebakgedong, Kampung Bolang, Desa Bungurmekar, Kecamatan Sajira dan Kampung Sajira Timur, Desa Sajiramekar, Kecamatan Sajira.

Banjir Demak Mulai Surut, Jokowi Kembali ke Jakarta

Lewat rilis yang diterima VIVA, General Manager Bakrie Amanah, Setiadi Ihsan, mengatakan Kampung Bujal merupakan salah satu daerah terdampak banjir bandang yang paling parah di wilayah tersebut. Sedikitnya terdapat 20 unit rumah yang hilang tersapu banjir dan 50 unit lainnya hancur.

Informasi terakhir yang diperoleh dari Yusuf – Staff Corporate Communication ANTV Bidang CSR yang saat ini tengah menjadi salah satu relawan di Lebak, Banten, akses menuju lokasi yang cukup sulit sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai di lokasi. Beberapa jembatan rusak dan teputus jadi untuk kita harus menyeberang sungai menggunakan perahu karet yang ditarik manual secara bergantian.

Jokowi Turun Langsung ke Demak Cek Perbaikan Tanggul yang Jebol

"Untuk sampai di lokasi bencana tim relawan harus melawati jalanan berliku di tepi tebing yang curam, licin dan berlumpur sisa dari longsor yang terbawa oleh air hujan," kata Yusuf.

Yusuf menambahkan, selain menyalurkan bantuan logistik Bakrie Tanggap juga mengadakan kegiatan psikososial trauma healing yang bekerja sama dengan relawan ANTV, Sahabat Todi dan DT Peduli menghibur, bermain dan menceritakan dongeng kepada kurang lebih 175 anak-anak yang terdampak banjir bandang di Kampung Sajira Timur, Desa Sajira Mekar, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak.

Bakrie Amanah Focuses on Zakat Charity Distribution during Ramadan

Sejak 2 Januari lalu, lanjut Ihsan, pemerintah setempat dan relawan telah membangun tenda pengungsian yang hingga saat ini dihuni sekitar 200 orang pengungsi. Tenda pengungsian tersebut juga telah dilengkapi dengan dapur umum yang mampu memproduksi makanan sebanyak 400. Dan berdasarkan data yang dihimpun oleh tim relawan, korban terdampak banjir bandang di Kecamatan Lebakgendong sendiri setidaknya berjumlah 1.346 orang dari 362 kepala keluarga. Dengan korban meninggal sebanyak 8 orang.

Ihsan menuturkan, dalam minggu ini Bakrie Tanggap akan menuntaskan bantuan logistik yang sifatnya darurat ke sejumlah lokasi bencana banjir di wilayah Jabodetabek dan Banten. Di tahap berikutnya, tim akan bersiap untuk melakukan kegiatan bantuan pascabencana dan proses pemulihan bagi para penyintas.

Sejak hari pertama terjadi bencana banjir di Jabodetabek dan Banten, Bakrie Tanggap telah turun langsung ke lokasi bencana dengan menyalurkan bantuan logistik sebagai tanggap darurat. Bantuan telah disalurkan antara lain ke Kebon Pala dan Kampung Pulo, Jakarta Timur; Rawa Buaya, Kedoya, dan Kalideres, Jakarta Barat; Babelan, Bekasi; Ciledug dan Karangtengah, Tangerang; Sukajaya dan Cigudeg, Bogor; serta Lebakgendong, Lebak, Banten.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya