Saksi dan Bukti Rampung, Kasus Kematian Eks Istri Sule akan Terungkap

Makam Lina, mantan istri Sule, dibongkar.
Sumber :
  • VIVA/Dede Idrus

VIVA – Sebanyak 11 saksi telah diperiksa dalam kasus kematian mantan istri komedian Entis Sutisna atau Sule, almarhum Lina. Polda Jawa Barat memastikan hasil keterangan saksi, olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan autopsi jenazah akan menunjukan titik terang dugaan ketidakwajaran wafatnya Lina.

Terungkap Sosok Mendiang Ibu Kandung Lettu Fardhana, Ada Kesamaan dengan Ayu Ting Ting

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Saptono Erlangga menjelaskan, semua yang terlibat dari pihak keluarga maupun yang berwenang mengurus jenazah Lina telah memberikan keterangan terkait dugaan tersebut.

“Prinsipnya penyidik memeriksa saksi-saksi sebagai upaya pengumpulan alat bukti, keterangan baik itu dari pihak keluarga termasuk yang memandikam jenazah, dari suami, 11 saksi yang sudah dimintai keterangan,” ujar Saptono, Selasa, 14 Januari 2020.

Gahar Kawal Prabowo, Mayor Teddy Mendadak Sungkem saat Bertemu Perwira TNI Ini

Dari temuan sementara, terdapat lebam pada jenazah di bagian tubuh. Saptono menilai, dugaan tersebut belum bisa menjadi kesimpulan utuh untuk dijadikan fakta hukum.

“Sudah olah TKP, autopsi itu kan semuanya dalam rangkaian penyelidikan, dari semua ini kita analisis dari hasil keterangan, alat bukti dan hasil autopsi yang sesuai laporan bahwa jenazah ibu Lina meninggal tidak wajar,” katanya.

Sebelum Lamar Mahalini, Rizky Febian Nangis di Kamar Mandi Ingat Almarhum Ibu

“Tentunya penyidik apakah benar ibu Lina ini meninggal tidak wajar, tergantung hasil autopsi itu. Ya laporan dari autopsi, masih harus melalui paboratorium forensik, baru bisa diketahui beberapa hari, kalau pemeriksaan saksi ini mengetahui kejadian secara menyeluruh,” tambahnya.

Baca juga:
Pengacara Beberkan Aset Lina, Teddy dan Anaknya Tak Dapat Warisan

Berikut yang menjadi dasar polisi untuk membongkar makam dan melakukan outopsi terhadap jasad Lina. 

Laporan Rizky Febian dan Ada Luka Lebam

Kematian Lina mulai ditelisik setelah Rizky Febian melaporkan kejanggalan atas meninggalnya sang ibu ke Polrestabes Bandung, Jawa Barat, pada Senin, 6 Januari 2020. Rizky Febian merasa ada yang tidak wajar atas kematian ibunya. Apalagi dia menemukan luka lebam di tubuh almarhum ibunya tersebut. Karena itu, Rizky mewakili keluarga setuju membawa masalah ini ke ranah hukum.

Polisi Terima Laporan Rizky

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Saptono Erlangga membenarkan ada laporan dari Rizky Febian atas kematian ibunya. Atas dasar kecurigaan pada luka luka lebam pada tubuh ibunya.

“Membuat laporan pada hari Senin tanggal 6 januari 2020, saudara Rizky Febian, putra almarhumah telah melaporkan ke Polrestabes Bandung,” ucap Saptono Erlangga.

Olat Tempat Kejadian

Terkait laporan Rizky, polisi langsung bertindak cepat. Olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) telah dilakukan di kediaman Lina, di Kawasan Margahayu, Bandung, Rabu, 8 Januari 2020. Langkah ini untuk memperdalama dugaan yang yang dilaporkan Rizky dan mengumpulkan keterangan dari keluarga maupun saksi-saksi lain untuk mendapatkan fakta hukum terkait peristiwa tersebut.

CCTV di Rumah Lina Diambil Polisi

Pendalaman dengan mengumpulkan data dan fakta juga dilakukan petugas Inafis Polrestabes Bandung dengan mengambil sejumlah barang di rumah korban. Mulai dari CCTV, komputer, sampai alat komunikasi almarhum.

Rumah Sakit Al Islam Angkat Bicara

Rumah sakit ini menjadi tempat Lina mendapatkan pertolongan. Tapi ternyata Lina telah meninggal setelah tiba di rumah sakit. Apakah Lina meninggal dalam perjalanan atau di rumah, tidak didalami lebih lanjut.

Kepala Bidang Informasi dan Pemasaran RS Al Islam, dr Guntur, mengungkapkan telah dilakukan pemeriksaan terhadap jasad korban dan tidak ditemukan ada luka-luka. Bisa saja luka lebam muncul pada jenazah yang dibiarkan pada waktu tertentu. Terkait hasil temuan keluarga, Guntur tidak mengetahuinya lebih lanjut.

Luka Lebam, Teddy Sebut Hoax

Teddy membantah kabar ada luka lebam pada tubuh Lina. Dia tidak menemukan luka lebam di tubuh istrinya saat meninggal dunia. Menurut Teddy, ini telah dia pastikan dari petugas yang memandikan jasad Lina. Karena itu, Teddy menegaskan dugaan tersebut tidak benar adanya. Menurutnya, ada beberapa saksi yang melihat kondisi almarhum saat dimandikan.

Teddy telah diperiksa petugas kepolisian Polrestabes Bandung di kediamannya. Teddy menyebut, saat istrinya meninggal ada beberapa orang di dalam rumah. Selain Teddy, anak kedua dari pelawak Sule yakni Putri Delina juga tengah ada di kediamannya.

"Sama anak-anaknya juga di sini ada, di lantai dua teh Putri yang tidurnya, kalau anak-anak di sini, ibunda sama dede bayi di dalem," katanya.

Baca juga:
Terisak di Pusara, Sule Unggah Kenangan Terakhir Bersama Lina

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya