Gelar Yang Mulia Harry-Meghan Markle Dicopot, Suntikan Dana Dicabut

Pangeran Harry dan Meghan Markle.
Sumber :
  • Instagram @sussexroyal

VIVA – Keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle untuk mundur dari kerajaan Inggris membuat gempar banyak pihak. Mereka memutuskan untuk hidup mandiri dan tak lagi ketergantungan dengan kerajaan. 

Meghan Markle Usir Wanita yang Dekat dengan Pangeran Harry

Menyusul keputusan tersebut, keduanya dikabarkan tidak akan lagi menggunakan gelar Yang Mulia dan tidak akan lagi menerima dana pembayar pajak sesuai dengan pernyataan hari Sabtu dari Ratu dan Istana Buckingham.

"Harry, Meghan, dan Archie akan selalu menjadi anggota keluarga saya yang sangat dicintai. Saya tahu tantangan yang mereka alami sebagai hasil dari pengawasan ketat selama dua tahun terakhir dan mendukung keinginan mereka untuk kehidupan yang lebih mandiri," kata Ratu Elizabeth II dalam pernyataannya, dikutip TIME.

Pangeran Harry Terseret Kasus Dugaan Perdagangan Seks dan Pedofilia Sean Combs!

Skema baru ini akan mulai berlaku musim semi, meskipun pihak Kerajaan tidak mengumumkan tanggal resmi. Sebagai bagian dari perjanjian baru, Harry dan Meghan akan mundur dari semua tugas kerajaan, termasuk penunjukan militer resmi.

Baca Juga: Kemunculan Perdana Meghan Markle usai Mundur dari Kerajaan Inggris

Kate Middleton Idap Kanker, Begini Kata Pangeran Harry dan Meghan Markle

Pasangan itu akan akan tetap memiliki Frogmore Cottage sebagai rumah keluarga Inggris mereka, tetapi juga ingin membayar biaya Sovereign Grant, menurut istana.

"Harry dan Meghan telah menjelaskan bahwa mereka tidak ingin bergantung pada dana publik dalam kehidupan baru mereka," kata pernyataan Ratu. 

“Karena itu telah disepakati bahwa akan ada periode transisi di mana Sussex akan menghabiskan waktu di Kanada dan Inggris. Ini adalah masalah rumit yang harus diselesaikan keluarga saya dan ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi saya harus meminta keputusan akhir untuk dicapai dalam beberapa hari mendatang.”

Pihak Kerajaan tidak menjelaskan apakah dana pembayar pajak akan termasuk biaya keamanan, tetapi mengatakan ada "proses independen yang mapan" untuk membuat tekad itu dan bahwa istana tidak mengomentari rincian keamanan.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada mereka atas semua kerja penuh dedikasi mereka di seluruh negeri ini, Persemakmuran dan seterusnya, dan saya sangat bangga dengan bagaimana Meghan begitu cepat menjadi salah satu keluarga," kata Ratu.

"Ini adalah harapan seluruh keluarga saya bahwa perjanjian hari ini memungkinkan mereka untuk mulai membangun kehidupan baru yang bahagia dan damai," katanya lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya