Komedian Bopak Kini Hidup dengan Satu Paru-paru: Udah Gak Bisa Sembuh

Komedian Bopak Castello
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA – Komedian Bopak Castello saat ini harus bertahan hidup dengan satu paru-paru. Bopak menjelaskan bahwa paru-paru sebelah kirinya sudah tidak berfungsi lagi. Hal itu dikarenakan oleh gaya hidupnya di masa lalu yang tidak sehat.

Lagi, SYL Minta Pindah Karena Oksigen di Rutan KPK Kurang: Paru-paru Saya Setengah

Kepada awak media, Bopak mengungkapkan bahwa paru-parunya sudah tidak bisa sembuh dan kembali normal lagi.

“Oh sudah enggak bisalah (sembuh) karena itu sudah enggak berfungsi lagi, kan sudah bocor, paru-paru itu kayak serambi kan titik-titik, bocor satu dua enggak bisa ditambal lagi jadi normal,” ucap Bopak di Tendean, Jakarta Selatan, Selasa, 4 Februari 2020.

Ada Kabar Baik untuk Pasien Kanker Paru-paru

Pria kelahiran Jakarta itu hingga saat ini masih terus melakukan pengobatan. Meski begitu, Bopak tetap optimis untuk kehidupannya. Ia merasa bahwa ketentuan Tuhan akan sangat indah.

“Kalau Bopak tipe orang yang optimis. Kesusahan hal biasa. Dikasih paru satu alhamdulillah karena Allah kasih kita rezeki. Mungkin ritmenya beda sama dulu. Sekarang jaga ritme, kemarin berat sekarang ringan-ringan saja,” ujar Bopak.

Kenang Sosok Polo Srimulat, Roy Marten: Dia Cerdas dan Sangat Religius

Lebih lanjut Bopak merasa bahwa hidup dengan satu paru-paru membuatnya lebih waspada lagi kepada lingkungan dan pola hidupnya.

“Buat Bopak lebih waspada tentang lingkungan, pola hidup, jadi lebih bijak kita memilih,” ucapnya.

Hasil pemeriksaan rontgen paru-paru terdapat tuberkulosis

Indonesia Peringkat Kedua, Negara dengan Kasus Terbanyak TB di Dunia

Jumlah kasus TB di Indonesia diperkirakan sebanyak 1.060.000 dan terdapat 134 ribu kematian akibat TB per tahunnya, atau 17 orang yang meninggal akibat TB setiap jamnya.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2024