Perjalanan Lucinta Luna Lahir Sebagai Pria hingga Resmi jadi Wanita

Lucinta Luna
Sumber :
  • Viva.co.id/Ichsan Suhendra

VIVA – Artis penuh sensasi Lucinta Luna kembali bikin heboh. Setelah sebelumnya sering dikabarkan berseteru dengan sejumlah selebriti, kini, Lucinta kembali ramai diperbincangkan karena terjerat kasus narkoba. Gara-gara kasus ini, Lucinta juga menjadi sorotan ketika publik mempertanyakan jenis kelaminnya.

Sidang Perdana Lucinta Luna Digelar via Video Conference

Mengenai hal ini, status gender Lucinta Luna akhirnya ditelusuri. Lucinta terlahir dengan nama Muhammad Fatah pada 16 Juni 1989. Akta kelahirannya ketika itu telah dikeluarkan secara resmi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan. Mengenai status Lucinta Luna, pihak kepolisian akhirnya mengeluarkan rilis resmi terkait status gender Lucinta Luna.

"Tersangka pada awalnya terlahir sebagai anak Iaki-Iaki bemama MUHAMMAD FATAH, sesuai dengan Akta Kelahiran Nomor 3174-LT-16122019-0088 yang dikeluarkan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Administrasi Jakarta Selatan," tulis rilis yang dikeluarkan Polres Metro Jakarta Barat, Kamis, 13 Februari 2020.

Berkas Lengkap, Sidang Kasus Narkoba Lucinta Luna Sebelum Lebaran

Rilis tersebut juga menjelaskan Lucinta mulai berperilaku layaknya seorang wanita sejak berusia lima tahun. Memang perilaku seperti itu membuatnya sangat nyaman hingga akhirnya ia beranjak dewasa.

“Sejak tersangka berusia 5 (lima) tahun, tersangka sudah berperilaku seperti perempuan hingga dewasa, tersangka Iebih nyaman menjadi seorang perempuan,” tulis keterangan dalam rilis.

Berkas Lengkap, Polisi Limpahkan Kasus Lucinta Luna ke Jaksa

24 April 2016 menjadi awal mula Lucinta Luna memutuskan untuk mengubah kelaminnya menjadi seorang wanita. Salah satu rumah sakit di Thailand menjadi tempat Lucinta Luna mengubah bagian tubuhnya itu.

"Pada tanggal 24 April 2016 tersangka memutuskan untuk melakukan operasi ganti kelamin, dari Iaki-laki menjadi perempuan di Rumah Sakit RAJYINDEE Thailand," tulisnya.

Akhirnya 22 November 2019, Lucinta memutuskan untuk mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Selatan untuk permohonan ganti kelamin dari laki-laki menjadi perempuan.

"Pada tanggal 22 November 2019 tersangka mengajukan permohonan ganti kelamin dari Iaki-Iaki menjadi perempuan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, yang terdaftar di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan tanggal 26 November 2019 nomor registrasi 1230/Pdt.P/2019/PN.Jkt.SeI," tulis keterangan dalam rilis.

Pada 20 Desember 2020 akhirnya Lucinta Luna resmi mengubah namanya yang sebelumnya Muhammad Fatah menjadi Ayluna Putri berdasarkan keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Lewat rilis, juga dituliskan, "Mengabulkan permohonan Pemohon; Memberikan ijin kepada Pemohon untuk mengganti status jenis kelamin yang semula berjenis kelamin laki-laki menjadi jenis kelamin perempuan serta pergantian nama dari MUHAMMAD FATAH menjadi AYLUNA PUTRI,berdasarkan keputusan akhir Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan nomor 1230/Pdt.P/2019/PN.Jkt.SeI.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya