Mengintip Prosesi Bleketepe Jelang Pernikahan Cucu Soeharto

Prosesi Bleketepe Putra Tutut Soeharto.
Sumber :
  • reporter

VIVA – Menjelang pernikahan pada Sabtu, 15 Februari 2020 mendatang, Danny Bimo Hendra atau yang biasa dikenal sebagai Danny Rukmana, anak dari Tutut Soeharto, melangsungkan prosesi Bleketepe di kediaman sang Ibunda di Jalan Yusuf Adiwinata, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Februari 2020. 

Tantang Kemenkeu, Jusuf Hamka: Saya Siap Bayar Rp 70 Triliun Jika CMNP Utang ke Negara

Danny rencananya akan melangsungkan pernikahan dengan perempuan Makassar bernama Raiyah Chitra Caesaria. Dari pantauan VIVA, prosesi Bleketepe dimulai dengan upacara Selamatan Pasang Tarub, Tawuhan, dan Bucalan berupa Srono Baku Naluri. 

Bleketepe sendiri merupakan daun kelapa muda berwarna hijau yang dianyam. Ukuran anyamannya sendiri cukup beragam. Pada prosesi Bleketepe Danny Rukmana, memiliki ukuran kurang lebih 70 cm x 100 cm. 

Tutut Soeharto: Saya Rasa Bapak Sedih Lihat Keadaan Kita Seperti Ini

Bleketepe ini sendiri umumnya di pasang di depan rumah, dan juga di beberapa titik di sekitar rumah. Dalam filosofi Jawa, prosesi ini merupakan perwujudan dari suatu tempat penyucian di kahyangan para dewa yang dinamakan Bale Katapi.

Baca Juga: Momen Cucu Soeharto, Eks Suami Lulu Tobing Pinang Pramugari Cantik

Prabowo hingga Jusuf Kalla Hadiri Resepsi Pernikahan Cucu Soeharto

Setelah prosesi itu selesai, acara dilanjutkan dengan pengajian yang berisi pembacaan Alquran dan juga pembacaan riwayat Nabi. Dalam prosesi tersebut terlihat Danny yang didampingi oleh Tutut, saat tiba di kediaman. Namun, hingga berita ini diturunkan masih belum ada pernyataan dari pihak keluarga. 

Sebagai informasi, Danny Rukmana merupakan cucu dari Presiden ke-2 Republik Indonesia, Soeharto. Danny juga dikenal sebagai mantan suami artis Lulu Tobing. Mereka menikah pada 2006 dan bercerai pada 2016 lalu. Kini Lulu Tobing juga sudah menikah lagi pada tahun 2019.

Tutut Soeharto mengumumkan sendiri acara lamaran Danny Rukmana dan Raiyah Chitra, yang diketahui merupakan pramugari. Ia mengunggah sejumlah foto ke Instagramnya pada 20 September lalu. Lamaran sendiri berlangsung pada 14 September 2019.

"Alhamdulillah..., pada tanggal 14 September 2019, anak saya Danny Bimo Hendro Utomo, telah melamar gadis dari Makassar bernama Raiyah Chitra Caesaria," tulis Tutut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya