Bintang Disney 'Queen of Katwe', Meninggal di Usia 15 Tahun

Nikita Pearl Waligwa
Sumber :
  • Disney

VIVA – Remaja Uganda, yang memulai debutnya di film Disney pada 2016, Nikita Pearl Waligwa meninggal dunia. Menurut kabar yang beredar, remaja berusia 15 tahun yang ikut berperan dalam film Queen of Katwe ini meninggal dunia karena kanker otak.

Anak Sarah Azhari Berteman Sama Keluarga Michael Jackson hingga Ditaksir Bintang Disney

Dikutip laman The New York Times, ketika membintangi Queen of Katwe yang menceritakan tentang kisah juara catur, Nikita Pearl Waligwa berperan sebagai Gloria, teman protagonis, Phiona.

Nikita Pearl Waligwa bisa dikatakan sebagai aktris pendatang baru muda asal Uganda yang bergabung dengan film Disney 2016. Tak heran saat kematiannya diumumkan, banyak pihak terkejut.

Ibunda Tangmo Nida Yakin Kematian Putrinya Penuh Kejanggalan

Kabar meninggalnya Nikita Pearl Waligwa diumumkan pada hari Minggu, 16 Februari 2020 oleh Sekolah Menengah Gayaza, sebuah sekolah asrama khusus perempuan di luar ibukota Uganda, Kampala, tempat Waligwa menjadi siswa.

"Kamu sangat disayang oleh banyak orang dan kami telah kehilangan kamu karena tumor otak pada usia yang begitu muda," kata perwakilan pihak sekolah menengah itu di Twitter.

Kerabat: Dorce Gamalama Divonis COVID, Sejak 3 Minggu Lalu

Pengumuman itu menjadi sorotan. Beberapa aktris yang ikut berperan dalam film Queen of Katwe langsung membanjiri kolom komentar mengungkapkan rasa belasungkawa.

Seperti diketahui “Queen of Katwe,” merupakan film yang diangkat dari esai 2011 di ESPN The Magazine tentang keajaiban catur di Uganda yang tumbuh dalam perkampungan kumuh dan memenangkan kompetisi internasional.

Selain dibintangi oleh Nikita Pearl Waliga, film Queen of Katwe juga dibintangi oleh Lupita Nyong'o pemenang Oscar untuk "12 Years s Slave" sebagai ibu dari Phiona. Film ini juga dibintangi David Oyelowo.

Dalam film itu, Nikita Pearl Waligwa memerankan Gloria, seorang teman protagonis, Phiona Mutesi yang diperankan oleh Madina Nalwanga.

Phiona menjadi jagoan catur dengan bantuan dari Gloria dan di bawah pengawasan Robert Katende, dimainkan oleh David Oyewolo. Film ini disutradarai oleh Mira Nair.

"Dia memainkan Gloria dengan semangat seperti itu," kata Nyong'o di Instagram.

“Dalam kehidupannya yang sebenarnya, dia menghadapi tantangan besar melawan kanker otak. Pikiran dan doa saya bersama keluarga dan komunitasnya saat mereka harus mengucapkan selamat tinggal begitu cepat.”

"Queen of Katwe" adalah debut film dari Nikita Pearl Waligwa dan Nalwanga.

"Kami berduka atas kepergian Nikita Pearl Waligwa kami yang cantik," tulis David Oyewolo di Instagram.

“Dia adalah bola cahaya di @queenofkatwemovie dan dalam kehidupan."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya