Parasite Dituduh Plagiat Film India Minsara Kanna

Film Parasite.
Sumber :
  • IMDb

VIVA – Seorang produser dari film India Minsara Kanna yang dirilis tahun 1999, PL Thenappan ingin menuntut pencipta film fenomenal Korea Selatan, Parasite, karena telah meniru jalan cerita filmnya.

Toyota Luncurkan Fortuner Edisi Terbaru, Dapat Fitur Menarik

Dikutip dari laman NextShark, Thenappan kini tengah berdiskusi dengan para pengacara untuk mengajukan tuntutan itu kepada para pencipta Parasite, film yang baru-baru ini memenangkan empat penghargaan Oscar.

"Aku sudah melihat film Korea Selatan Parasite dan aku mereka sudah mencuri inti cerita dari Minsara Kanna. Aku sedang dalam pembicaraan dengan pengacara internasional dan memikirkan untuk mengajukan tuntutan kepada para pembuat Parasite segera," ujar Thenappan kepada India Today.

Momen STY Dilempar Telur Kembali Viral Jelang Indonesia vs Korsel, Warganet: Buktikan Coach

Thenappan menambahkan bahwa ia mungkin akan mengajukan tuntutannya pada Senin atau Selasa.

Sementara itu, sutradara Minsara Kanna, KS Ravikumar, mengaku kesamaan kedua film itu dan mengutarakan bahwa ia senang dengan penghargaan yang diterima Parasite di Oscars 2020.

Prediksi Piala Asia U-23: Korea Selatan vs Timnas Indonesia

"Aku senang kalau ceritanya menerima Oscar, meskipun Minsara Kanna pantas dijadikan inspirasi. Tapi, mengajukan tuntutan terserah pada produser," ujarnya.

Kedua film itu memang memiliki narasi yang mirip di mana satu anggota dari keluarga miskin melamar pekerjaan di keluarga kaya, kemudian membawa anggota keluarga lainnya satu demi satu untuk bekerja di rumah itu. Namun, beberapa pengguna media sosial membela Parasite dengan mengatakan bahwa meskipun kedua film mirip, Minsara Kanna tetap sebuah film yang sangat berbeda.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan The Hollywood Reporter, sutradara Parasite Bong Joon Ho dikabarkan mendapat inspirasi dari masa usianya 20-an, di mana pacar yang kini jadi istrinya menyebutnya sebagai guru matematikan untuk keluarga kaya.

"Mereka ingin seorang guru matematika lain, jadi dia mengajukan saya sebagai teman yang terpercaya, meskipun aku sebenarnya matematikaku sangat buruk. Begitulah cara kerja di pekerjaan itu. Bukannya mereka memasang banyak iklan mencari bantuan domestik, kamu diperkenalkan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya