Aktor Hollywood Jack Black Galang Dana untuk Bangun Sekolah di Lombok

Jack Black
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Aktor dan penyanyi asal Amerika Serikat, Jack Black belum lama imi mengunggah foto dirinya mengenakan sebuah kaos di laman Instagram pribadinya. Yang menarik, kaos yang digunakan aktor yang terkenal lewat film School of Rock ini dirancang dirinya bersama dengan Gia, seorang anak berusia 12 tahun dari Senggigi, Lombok, di Nusa Tenggara Barat.

Kabar Gembira, Kung Fu Panda 4 Tayang 2 Tahun Lagi

Usut punya usut, kaos ini merupakan proyek dari Face This, sebuah badan amal yang telah bekerja selama lebih dari 10 tahun untuk menghubungkan siswa di Senggigi dengan desainer di Belanda dan di seluruh dunia. Di mana nantinya proyek ini akan mengumpulkan dana untuk membangun sekolah di Lombok yang rusak parah akibat gempa bumi tahun 2018.

"Ayo bantu membangun sekolah Gia!" tulis Jack Black di Twitter seperti dikutip dari laman Asiaone.

Pemerintah Cairkan Jaminan Hidup Korban Gempa NTB Rp89,36 Miliar

Pada bulan Agustus 2018, gempa bumi dahsyat menewaskan ratusan orang dan menghancurkan ribuan rumah serta bangunan di Lombok. Termasuk Sekolah Dasar Negeri 1 Senggigi, yang masih dalam tahap renovasi.

"Itu sebabnya banyak dari 254 murid sekolah masih melakukan pembelajaran di tenda-tenda di luar gedung sekolah. Ini semua tentang memberi anak-anak kesempatan untuk membantu membangun kembali sekolah mereka dan mengatasi trauma mereka," kata Jos van der Hoek dari Face This.  
Tahun lalu, sembilan siswa dari sebuah sekolah di Lombok, termasuk Gia, mengambil tindakan dengan melakukan apa yang mereka sukai, yakni menggambar. Mereka membuat gambar tentang tempat-tempat di kampung halaman mereka yang paling mereka cintai.

Gempa Baru Saja Guncang Lombok

Sambil menggambar, mereka mampu melarikan diri dari kenyataan sejenak. Tetapi gambar-gambar itu mungkin bisa mengubah realitas tersebut selamanya, karena melalui gambar itu, mereka dapat mengumpulkan dana untuk merenovasi sekolah mereka.

Dari gambar itu, akhirnya diubah menjadi desain kaos eksklusif yang dilakukan oleh sembilan seniman jalanan dari berbagai belahan dunia. Dan kaos Gia adalah bagian dari koleksi ini.

Gia merancang kausnya bersama artis Australia Jamie Browne. Kemudian Jack Black mempromosikan T-shirt yang menggambarkan sebuah pantai dalam lingkaran besar. 

"Ketika kami mendirikan lini kaos amal kami pada tahun 2008, kami benar-benar terinspirasi oleh film Jack Black, School of Rock. Dalam film ini, karakter Jack menempatkan kreativitas anak-anak di depan dan tengah sehingga mereka dapat mencapai tujuan mereka. Itulah yang kami lakukan juga," kata Jos.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya