Penyakit Autoimun, Penyebab Andrea Dian Mudah Tertular COVID-19

Ganindra Bimo dan Andrea Dian
Sumber :
  • instagram.com/andreadianbimo

VIVA – Kabar mengejutkan datang dari aktris Andrea Dian. Lewat akun Instagramnya ia mengungkapkan tentang kondisi kesehatannya saat ini. Istri dari aktor sekaligus presenter Ganindra Bimo tersebut mengungkapkan bahwa dirinya positif terinfeksi virus corona atau COVID-19.

“Aku positif terinfeksi COVID-19. Melalui pesan ini aku pengin orang - orang terdekatku yang aku sayangi, dan orang-orang yang belakangan bertemu aku, bisa aware dan melakukan tindakan - tindakan pencegahan sebelum virus ini makin menyebar.  Don’t worry, I’m okay,” tulis Andrea sebagai caption dalam foto yang diunggah pada Minggu, 22 Maret 2020.

Mulanya ia semat menduga bahwa dirinya mengalami DBD. Namun, saat memeriksakan diri ke rumah sakit, dirinya juga diminta untuk melakukan tes COVID-19. Dari pemeriksaan itulah didapati bahwa ia positif COVID-19.

“Malem itu juga aku dipindahkan ke RS yang dirujuk pemerintah untuk aku diisolasi. Aku punya kondisi auto immune yang mana membuat aku punya tuntutan tertentu untuk menjaga kondisi immune ku,” tulis Andrea menambahkan.  

Seperti dilansir dari International Business Times, orang dengan kondisi penyakit autoimun memang menjadi salah satu yang rentan terkena COVID-19. Pada orang dengan autoimun memiliki kondisi medis  yang unik di mana sistem kekebalan tubuh justru menyerang tubuh kamu sendiri.

Terpopuler: Manfaat Kurma hingga Kasus COVID-19 Melonjak di Singapura

Biasanya, sistem kekebalan tubuh yang akan melindungi tubuh dari virus dan bakteri. Namun, jika menderita penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh keliru melihat bagian tubuh normal sebagai sel asing.

Kesalahan identifikasi ini yang menyebabkan tubuh melepaskan autoantibodi, yang kemudian menyerang sel-sel sehat. Inilah sebabnya mengapa pasien dengan penyakit autoimun beresiko lebih tinggi terinfeksi coronavirus dan mengembangkan komplikasi yang lebih serius. Bahkan juga tidak jarang berisiko kematian. 

Kisah Haru di Balik Suksesnya Konten Viral Emak-emak Ala Agung Karmalogy
Ilustrasi COVID-19/virus corona.

7 Fakta COVID-19 Melonjak di Singapura, Sepekan Capai 25 Ribu Kasus

Kasus COVID-19 alami lonjakan di Singapura. Tercatat ada kenaikan mencapai 25.900 kasus dalam kurun waktu 5-11 Mei 2024. Angka tersebut meningkat dari pekan sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 Mei 2024