10 Artis dan Selebgram yang Galang Donasi untuk Perangi COVID-19

Rachel Vennya, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Maia Estianty.
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Di tengah kepanikan wabah corona, aksi baik ditunjukkan oleh kalangan public figure. Mereka berlomba-lomba melakukan penggalangan dana yang ditujukan untuk membantu para tenaga kesehatan maupun masyarakat luas. Berikut ini adalah 7 artis dan selebgram yang membuka donasi terbuka untuk membantu menangani COVID-19.

Satgas Akui Angka Kesembuhan Kasus COVID-19 Meningkat 70 persen

Rachel Vennya

Rachel Vennya menjadi selebgram pertama yang melakukan penggalangan dana untuk Covid-19. Selain mendapatkan banyak pujian dari warganet, ia pun menjadi penggalang dana dengan jumlah donasi terbanyak saat ini. Hingga sore ini, Rachel telah berhasil mengumpulkan Rp6,5 miliar dari target Rp7 miliar.

Kasus COVID-19 Indonesia Disorot Dunia, Dinilai Gagal Tangani Corona

Atta Halilintar 

Atta Halilintar mengajak fans setianya untuk berdonasi. Dana yang terkumpul akan dialokasikan untuk pembelian APD (Alat Perlindungan Diri) dan sembako untuk kebutuhan masyarakat kecil. Per 23 Maret 2020, dana yang sudah terkumpul mencapai Rp212 juta dari target Rp500 juta. 

Kasus Corona di Indonesia Lampaui China, Ini Tanggapan Dirjen P2P

Arief Muhammad 

Melalui akun kitabisa.com, Arief Muhammad dan istri menunjukkan kepeduliannya pada situasi genting yang tengah dihadapi oleh seluruh masyarakat terdampak corona. Nantinya, dana yang terkumpul akan digunakan untuk membeli kebutuhan pokok bagi warga kelas menengah ke bawah yang paling riskan terdampak virus tersebut. Saat ini, dana yang sudah terkumpul mencapai Rp2,2 miliar dari target Rp2,5 miliar.

Raffi Ahmad & Nagita Slavina

Pasangan suami istri ini membuka donasi terbuka yang akan digunakan untuk membeli kebutuhan harian berupa sembako bagi masyarakat yang ekonominya terpukul pasca wabah corona. Selain itu, dana juga akan dialokasikan untuk distribusi alat perlindungan diri berupa masker, hand sanitizer, dan sarung tangan plastik untuk tenaga kesehatan di Rumah Sakit rujukan COVID-19. Dana yang sudah terkumpul saat ini mencapai Rp671 juta. Target dana sendiri mencapai Rp1 miliar.

Andhika Pratama & Ussy Sulistiawaty

Tak jauh berbeda dengan pasangan sebelumnya, Andika dan Ussy juga menggalang dana yang ditujukan untuk mensubsidi masyarakat yang ingin melakukan tes corona. Selain itu, dana akan digunakan untuk membeli alat disinfektan. Hingga hari ini, dana yang terkumpul sudah mencapai Rp32 juta. Hal ini melebihi target awal yang hanya Rp20 juta. 

Cathy Sharon

Cathy Sharon juga menyuarakan kepeduliannya. Ia secara spesifik ingin menggunakan dana untuk membeli sarung tangan untuk para tenaga kesehatan. Saat ini dana yang terkumpul sudah mencapai Rp699 juta dari target Rp1 Miliar.

Adib Hidayat

Pengamat musik senior Indonesia, Adib Hidayat juga melakukan hal yang sama. Saat ini, dana yang terkumpul sudah mencapai Rp1.1 Miliar dari target sebesar Rp1,5 Miliar. 

Najwa Shihab

Najwa Shihab juga melakukan penggalangan dana, namun dengan cara yang unik. Ia melakukan konser musik daring yang menggandeng deretan musisi ternama Tanah Air. Dalam acara bertajuk Konser Musik #dirumahaja tersebut, dana yang terkumpul sudah mencapai angka Rp189 juta dari target Rp1 Miliar.

Maia Estianty 

Mantan istri Ahmad Dhani ini membuka donasi terbuka untuk membantu pembiayaan masyarakat yang ingin melakukan tes COVID-19. Nantinya, dana juga akan digunakan untuk pembelian kebutuhan APD untuk masyarakat dan tenaga medis. Saat ini, dana yang terkumpul sudah mencapai Rp1,1 miliar dari target Rp1,5 miliar.

Afgansyah Reza

Penyanyi Afgan juga mengajak penggemarnya untuk melakukan urunan dalam membantu tenaga medis. Ia telah mengumpulkan dana sebesar Rp174 juta. Afgan sendiri tidak menentukan target dana yang terkumpul dalam laman kitabisa. Ia juga tidak menentukan batasan hari penutupan penggalangan dana. 

Penulis: Nariyati

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya