Tetap Salat Jumat, Atalarik Syah Minta Maaf

Atalarik Syah.
Sumber :
  • VIVA/Maria Margaretha Delviera

VIVA – Pesinetron Atalarik Syah sempat buat geger dunia maya karena mengunggah video di akun instagramnya, @ariksyach soal salat Jumat. Meski pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia saat itu telah memberikan imbauan  untuk melakukan ibadah di rumah, Atalarik dan rekan-rekannya tetap mencari masjid yang menyelenggarakan ibadah salat Jumat. Padahal saat itu, Atalarik dan teman-temannya sedang berada di zona merah.

5 Fakta Marhan Harahap Meninggal Usai Diseret Petugas saat Hendak ke Masjid

"Ini lagi blusukan kebetulan kami tinggal di daerah zona merah ingin cari masjid mana yang masih buka. Ini masih setengah jam dari waktu bedug ini ada ustaz, hukumnya apa sih kalau gak salat jumat tiga kali?" kata Atalarik dalam video tersebut.

Kawan Atalarik yang dipanggil sebagai ustaz menyebut kafir bagi mereka yang tidak salat Jumat selama tiga kali berturut-turut. Hal ini bertolak belakang dengan pernyataan MUI. Adanya wabah virus corona buat alasan kuat untuk sementara waktu melakukan ibadah di rumah.

Keutamaan Baca Alfatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas 7 Kali Usai Salat Jumat

"Sementara warga DKI dan sekitarnya, setelah kasus pandemi COVID-19 sudah tidak salat selama dua kali, dan tiga kali jika besok tetap tidak salat Jumat," ujar Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh beberapa waktu yang lalu.

Baca juga: Hukum Meninggalkan Salat Jumat 3 Kali, Penjelasan MUI?

Unik! Pemandangan Sholat Jumat di Masjid Terapung Kalteng, Jemaah Bawa Perahu Masing-masing

Menurut pandangan para ulama fikih, menurut Niam, uzur syar'i tidak salat Jumat antara lain sakit. Ketika sakitnya lebih dari 3 kali Jumat, dia tidak salat Jumat tiga kali berturut-turut pun tidak berdosa.

"Uzur syar'i berikutnya adalah kekhawatiran terjadinya sakit. Nah dalam kondisi ketika berkumpul dan berkerumun itu diduga kuat akan terkena wabah atau menularkan penyakit, maka ini menjadi uzur untuk tidak jumatan (salat jumat),” katanya.

Kini, Atalarik Syah menyampaikan permohonan maafnya. Ia mengaku saat ini tengah giat melakukan ibadah. Ia berharap tidak melakukan hal yang sama untuk ke depannya.

"Saya tidak mau berbicara lebih banyak lagi, selain memohon kepada kalian semua, permohonan maaf saya ini diterima. kalaupun masih ada pernyataan saya yang menyinggung dan menyakiti, saya dan kita semua yang sebentar lagi akan emmasuki bulan suci Ramadan ini mohon dimaafkan lahir dan batin saya, mudah-mudahan tidak melakukan hal yang sama," kata Atalarik Syah yang videonya banyak beredar di akun gosip instagram.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya