Aktor Thor: Ragnarok Diserang, Komennya soal Islam Dianggap 'Bahaya'

Jeff Goldblum.
Sumber :
  • Instagram/jeffgoldblum

VIVA – Jeff Goldblum mendapat kritikan dari warganet setelah tampil menjadi juri tamu dalam acara RuPaul's Drag Race pada Jumat malam, 24 April 2020, waktu Amerika. Aktor dalam film Thor: Ragnarok tersebut dianggap Islamophobia karena komentar yang diucapkannya.

Sekolah Ini Singkirkan 300-an Buku yang Memuat Konten LGBT

Ini bermula ketika ia mengomentari penampilan salah satu kontestan, Jackie Cox yang menggunakan kostum patriotik, kaftan garis-garis merah dan putih. Ia juga membalut kepalanya dengan selendang hijab biru bermotif 50 bintang di bagian tepinya. 

Peserta yang juga berdarah Iran ini mengungkap, ingin menyuarakan hak kaum minoritas di Amerika lewat kostumnya tersebut.

Islamofobia di AS Mencapai Rekor Tertinggi Sejak Tahun 2023 Akibat Perang Israel di Gaza

"Kau bisa jadi orang Timur Tengah, bisa bisa muslim, dan kau juga masih bisa jadi orang Amerika," kata Jackie Cox.

Jeff Goldbum pun kemudian bertanya, apakah Cox adalah orang yang religius. 

Selangkah Lagi Thailand Sahkan UU Pernikahan Sesama Jenis

"Tidak dan jujur saja, pakaian ini sangat merepresentasikan pentingnya pengakuan bagi orang-orang beragama minoritas di negara ini," jawab Jackie Cox.

Aktor Jurassic World 3 itu kemudian bertanya lebih lanjut dan membuka diskusi singkat dengan juri lainnya. Ia bertanya soal pandangan Islam tentang LGBT dan wanita.

"Apakah ada dalam agama itu yang anti-homoseksual dan anti-perempuan? Apakah itu memperumit masalah? Aku hanya memunculkannya dan berpikir keras dan mungkin bodoh saja," kata Jeff Goldbum,

RuPaul pun kemudian berkomentar bahwa drag memang selalu membuat gempar. Panggung Drag Race disebutnya sebagai tempat yang tepat untuk menyuarakan pandangan mereka.

Jackie Cox mengiyakan bahwa masalah tersebut memang rumit dan ia juga punya kekhawatiran tersendiri bagaimana komunitas LGBTQ diperlakukan di Timur Tengah.

Sejumlah warganet tampak tak terkesan dengan pertanyaan Jeff Goldblum dalam acara tersebut.

"Komentar Jeff Goldblum soal Islam di acara itu sangat berbahaya dan menyakitkan," kata salah seorang warga Twitter.

“Komentar Jeff Goldblum Islamophobia, kenapa dia melakukannya?”

"Pertanyaan Jeff Goldblum tentang Islam ke kontestan yang pakai hijab di #DragRace selalu membuatku penasaran apa yang rakyat pikirkan tentang kita, Muslim, di belakang kita," ujar yang lain.

RuPaul's Drag Race merupakan kontes bagi para drag queen dan drag king memperebutkan predikat terbaik. Drag sendiri merupakan singkatan dari Dressed as Girl yang berarti, para pria yang berdandan seperti wanita atau wanita yang berpenampilan seperti pria untuk tujuan hiburan. Namun mereka berbeda dengan waria.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya