Gus Miftah Geram Netizen Ribut soal Agama Didi Kempot: Beliau Muslim

Gus Miftah.
Sumber :
  • YouTube/Deddy Corbuzier

VIVA – Deddy Corbuzier mengundang Gus Miftah dalam podcast terbarunya untuk mengenang Didi Kempot. Punya kedekatan khusus, Gus Miftah mengungkap bagaimana sosok almarhum sebagai seorang muslim selama ini.

Rupanya Denny Caknan Konsultasi dengan Ulama Sebelum Nikahi Bella Bonita

"Beliau sejak 1997 sudah Islam. Sekarang KTP beliau di Surakarta dan beliau sudah mualaf. Saya klarifikasi, foto beredar beliau di dalam peti itu hoax. Coba di-zoom, itu bukan wajah beliau. Dari pulang dari rumah sakit, disalatkan sampai berangkat ke pemakaman dilakukan secara Islam," katanya dalam video yang diunggah ke channel Deddy Corbuzier, Kamis, 7 Mei 2020.

Sebelum ini, Gus Miftah pernah mengunggah momen kedekatannya dengan Didi Kempot yang disebut rajin mengaji di pondok pesantrennya. Gus Miftah mengatakan, alasannya posting hal tersebut untuk menghentikan perdebatan di kalangan warganet soal agama almarhum.

Gus Miftah Ungkap Pentingnya Sinergisitas TNI-Polri untuk Capai Indonesia Emas

"Inilah kelemahan warga +62, orang mati yang diributin kok soal agama. Padahal agama beliau jelas, kan kasihan keluarganya. Beliau beragama kok diramaikan di medsos. Beliau muslim, beberapa kali pengajian di pondok dan manggung sama saya di pondok dan beliau puasa," ujarnya. Didi Kempot juga sempat mengutarakan keinginannya untuk umrah namun belum kesampaian.

"Kita doakan yang terbaiklah, kenapa kita malah ribut di grup WA, Instagram, Twitter, alamaak," tambah Gus Miftah, menyayangkan orang-orang yang malah meributkan agama Didi Kempot.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Guru spiritual Deddy Corbuzier itu juga mengungkap penyesalannya pada almarhum. Sebagai orang yang dekat, Gus Miftah tak bisa sering mendampingi Didi Kempot belajar agama. Hal itu karena terbentur jadwal keduanya yang sama-sama padat.

"Saya bilang sama bunda (istri Gus Miftah) begini, saya merasa bersalah dengan Didi Kempot, karena saya belum bisa membimbing beliau sebagai seorang muslim. Karena saya gak punya waktu, saya nangis. Aku merasa bersalah di situ seolah-olah saya lari dari tanggungjawab dampingi (Didi Kempot)," tutur Gus Miftah.

Deddy Corbuzier menegaskan, pembahasan soal agama ini sudah izin dan disetujui oleh istri almarhum Didi Kempot.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya