Benny Likumahuwa Meninggal Dunia

Benny Likumahuwa
Sumber :
  • Instagram @likuben

VIVA – Kabar duka datang daru dunia musik Tanah Air. Adalah trombonist Jazz Indonesia, Benny Likumahuwa yang meninggal dunia.  Benny merupakan kakak dari Utha Likumahuwa dan ayah dari Barry Likumahuwa. Hal tersebut bermula dari pesan yang menyebar di kalangan peliput.

Ganasnya Diabetes, Renggut Nyawa Idan Separo dan 4 Artis Ini

"Berita duka. Benny Likumahuwa meninggal jam 8.30. Hari Selasa, 9 Juni 2020," tulis pesan tersebut.

Hal itu kemudian dibenarkan oleh Adib Hidayat. Ia relah mendapatkan konfirmasi terkait pesan duka yang beredar melalui teman satu bandnya. Adib menuliskan hal itu di akun twitternya @AdibHidayat.

Benny Likumahuwa Dimakamkan Besok di TPU Jombang

"Berita duka. Benny Likumahuwa, anggota band The Rollies, ayah dari @BarryLikumahuwa meninggal dunia Selasa, 9 Juni 2020 pukul 08.30. Konfirmasi saya dapatkan dari rekan satu band, Oetje F Tekol dan @dirasugandi," tulis Adib dalam akun twitternya.

Benny Likumahuwa mulai mengenal musik dari ibunya. Sedari remaja, benny mulai belajar musik dan not balok sevara otodidak. Lalu pada 1966, Benny bergabung dengan Cresendo Band dari Bandung.

Sebelum Meninggal, Benny Likumahuwa Sudah Sakit Selama Setahun

Pada dua tahun berikutnya, Benny Likumahuwa bergabung dengan The Rollies. Selain itu, Benny bermain dengan berbagai band klub malam di Bangkok. Kemudian ia membentuk The Augersindo. Bersama band itu, Benny mengunjungi beberapa negara Asia.

Sekembalinya ke Jakarta, Benny bergabung dengan The Jazz Raiders, yang diisi oleh Jack Lesmana Combo, Trio ABC (Abadi Soesman, Benny Likumahuwa, dan Candra Darusman). Kemudian, pada 1980 Benny bergabung dengan Ireng Maulana All Star.

Keterlibatan Benny dalam musik amat panjang. Berikut beberapa acara jazz yang pernah diisi olehnya, The Singapore Jazz Festival tahun 1986, The Jakarta Jazz Festival tahun 1988, The North Sea Jazz Festival tahun 1990 yang berada di Belanda, The Asean Jazz Festival di Kuala Lumpur tahun 1992, dan Malaysia Jazz Festival pada tahun 1994.

Kemudian pada 1996, ia membentuk Benny Likumahuwa Big Band. Terakhir, pada 2006, bersama Todung Pandjaitan, Gilang Ramadhan, Donny Suhendra, Krisna Prameswara, dan ibu Annette Frambach membentuk tim perencana Gladiresik Music Lab. Hingga sekarang berperan sebagai Academic Consultant di GladiResik Music Lab.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya