Engku Emran Sebut TikTok dan Lathi Challenge Rusak Akidah

Engku Emran
Sumber :
  • Instagram @narmeukgne

VIVA – Mantan suami Laudya Cynthia Bella, Engku Emran soroti penggunaan aplikasi TikTok dan Lathi Challenge yang belakangan digemari anak muda. Hal itu ia kutip dari khutbag Masjid At Taqwa dengan tajuk, Syariat Dijaga Sahsiah Terbina.

Inspiratif, Kisah Pasangan Suami Istri Pengusaha yang Sukses dari TikTok

Ada tiga belas poin yang dituliskan oleh Engku Emran, pertama ia mengajak meningkatkan ketakwaan. Poin kedua, Engku Emran berbicara mengenai aplikasi TikTok.

"Mutakhir ini kita didedahkan dgn pelbagai aplikasi di media sosial seperti Tik Tok yg menjadi kegilaan ramai anak2 muda," tulisnya.

Bertemu di Istana, Bos GOTO Dapat Pesan Khusus dari Jokowi

Menurut Engku Emran, dalam TikTok banyak tarian yang diiringi berbagai genre musik. Baginya ada unsur-unsur yang mengarak ke syirik dan bisa merusak akidah. Engku Emran menyebut Lathi Challenge salah satunya.

"Seperti Lathi Challenge menjadi ikutan ramai remaja yg dianggap mereka sebagai hiburan dan permainan semata mata. Ingatlah perbuatan tersebut jelas bertentangan dgn akidah dan syariah," ujar Engku Emran.

Pemerintah Diminta Tegas Lindungi UMKM RI dari Ancaman Tiktok Shop

Mantan suami Laudya Cynthia Bella itu menghimbau pengikutnya dan yang membaca instagramnya bisa menjaga diri dan imannya. Ia juga emngutip salah satu hadis yang menjelaskan mengenai kebaikan akhlak.

"Sebagai pengguna bijak kita mestilah mengelakkan diri daripada terdedah kepada manipulasi yang dicetuskan melalui aplikasi yg boleh merosakkan akidah dan sahsiah diri kita biarpun ia nya sekadar hiburan semata mata," tulisnya.

Baca juga: Lagu 'Lathi' Weird Genius Pecahkan Rekor?

Sebelumnya, ustaz asal Malaysia Wan Dazrin mengatakan hampir serupa. Ia berucap Lathi Challenge sebagai tarian pemanggil setan. Terkait hal ini, pembawa lagu Lathi, Weird Genius yang beranggotakan Reza Oktovian, Eka Gustiwana dan Gerald Liu telah memberi tanggapan.

Reza Arap bahkan meminta ustaz tersebut meminta maaf secara terbuka jika tudingannya tidak terbukti. Didi Nini Thowok, maestro tari bahkan mengikuti Lathi Challenge sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap kesenian. Di sisi lain, lagu Lathi menoreh rekor. Lagu kolaborasi dari Weird Genius dengan Sara Fajira berhasil memecahkan rekor di Spotify Indonesia sebagai lagu lokal yang menjuarai tangga lagu Indonesia Top 50 dengan durasi terlama. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya