Rachel Florencia Disebut Wibu, Apa Itu?

Rachel Florencia.
Sumber :
  • Instagram @rchelchia

VIVA – Kata wibu saat ini tengah digandrungi sejak Rachel Florencia jadi buah bibir. Rachel disebut wibu dan juga istri online para warganet, karena sosokny yang cantik dan seksi. Lal,  apa itu wibu?

Dari Mana Asal Usul Istilah Wibu yang Populer di Pilpres 2024

Wibu merupakan kata serapan dari Weeaboo. Weeaboo muncul dalam komik strip koran berjudul The Perry Bible Fellowship yang dikarang oleh Nicholas Gurewitch.

Istilah Weeaboo sering muncul di 4chan, yakni forum diskusi internet soal anime Jepang menggantikan Waponese yang merupakan singkatan dari ‘wannabe Japanese’ atau ‘white Japanese’. Demikian dihimpun VIVA dari berbagai sumber.

Gibran Pakai Atribut Anime, Ini Ciri-ciri Kamu Seorang Wibu

Wibu berarti orang-orang non-Jepang yang memiliki obsesi berlebihan terhadap kebudayaan Jepang dan berlaku seolah-olah mereka adalah orang Jepang yang hidup di sana. Urban Dictionary (2005-2015) menyebutkan, wibu atau weeaboo dapat dijelaskan menjadi beberapa karakteristik yakni:

1. Obsesi dengan budaya Jepang sampai-sampai orang tersebut memandang budaya Jepang lebih unggul dari budaya mereka sendiri dan semua budaya lain.

6 Fakta Lambang Klan Uzumaki Naruto di Jaket yang Dipakai Gibran Saat Debat

2. Obsesi dengan anime, manga dan ekspor budaya pop Jepang lainnya.

3. Banyak memasukkan kata-kata Jepang ke dalam bahasa sehari-hari mereka.

Rachel Florencia pun menjelaskan hal itu lewat podcast YouTube Deddy Corbuzier. Bahkan dara asal Bandung itu malah dihujat bau bawang sehingga ada sebutan wibu bau bawang. Dia membantah hal tersebut.

"Lo itu kan wibu ya. Jadi wanita cantik depan saya ini adalah seorang wibu, dan saya tidak mengerti apa itu wibu. Apakah wibu itu adalah orang-orang Jepang atau orang yang suka Jepang?” tanya Deddy kepada Rachel.

Wibu itu lebih ke sebutan buat orang yang suka Jepang, orang yang suka Jejepangan,” kata Rachel menjawab pertanyaan Deddy.

"Wibu kan suka diledek no life dan dibilang bau bawang. Orang memang jahat gitu lho ngatainnya karena wibu identik no life, kerjaannya nonton anime doang, enggak mandi. Aku wibunya masih punya hidup, aku masih punya social live, punya pacar," ujar Rachel Florencia lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya