Stranger Things Dituduh Plagiat Lagi, Netflix Digugat ke Pengadilan

Stranger Things.
Sumber :
  • IMDb

VIVA – Creator atau pencipta serial Stranger Things, Matt dan Ross Duffer, sekaligus Netflix menghadapi tuntutan hukum lain atas dugaan pelanggaran hak cipta naskah yang tidak dipublikasikan.

Klasemen Grup A Piala Asia U-23 dan Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Perempat Final

Laporan yang diajukan pada 15 Juli 2020 di pengadilan federal California oleh Irish Rover Entertainment, mengklaim bahwa ide untuk serial fenomenal itu menjiplak skenario berjudul Totem, yang ditulis oleh Jeffrey Kennedy.

Dilansir dari laman Aceshowbiz, Sabtu, 18 Juli 2020, menurut pihak pelapor, plot, urutan adegan, karakter, tema, dialog, suasana hati dan latar, serta konsep seni Stranger Things sama dengan skenario Totem.

Polda Metro Jaya Dalami Soal Laporan Dugaan Penistaan Agama Pendeta Gilbert

Mereka juga mengklaim bahwa Aaron Sims menghubungkan kedua proyek tersebut, karena ia dikatakan telah bekerja dengan Kennedy selama pengembangan skenario Totem, sebelum kemudian mengerjakan konsep seni Stranger Things untuk dua musim pertamanya.

Stranger Things 3

Hasto Usul Kasus Connie Bakrie Disetop, Minta Aparat Fokus Usut Korupsi Tambang

Totem sendiri fokus pada cerita seorang gadis bernama Kimimela, atau Kimi, yang memiliki kemampuan supranatural dan membantu temannya menemukan portal ke realitas alternatif, di mana mereka melawan penghuninya, termasuk roh gelap bernama Azrael dan pasukan Blackwolf-nya.

"Dalam Stranger Things, salah satu karakternya adalah gadis kecil bernama Eleven atau El singkatnya, yang memiliki kekuatan gaib," tulis laporan itu

"Eleven membantu teman-temannya menemukan gerbang portal ke pesawat supernatural alternatif dan membantu mereka memerangi alien, Monster Bayangan dan pasukan Demogorgon," tambah laporan itu.

Menanggapi gugatan itu, perwakilan Netflix telah buka suara.

 Stranger  Things 3

"Tuan Kennedy telah menjajakan teori konspirasi yang dibuat-buat selama bertahun-tahun, meskipun Netflix telah berulang kali menjelaskan kepadanya bahwa Duffer bersaudara belum pernah mendengar tentang dia atau naskahnya yang tidak dipublikasikan," ucapnya.

"Sampai dia mulai mengancam akan menuntut mereka. Kebenarannya adalah serial itu disusun secara independen oleh Duffer bersaudara, dan merupakan hasil kreativitas dan kerja keras mereka," tambah perwakilan Netflix.

Ini bukan pertama kalinya Duffer bersaudara digugat terkait serial Stranger Things. Charles Kessler sebelumnya mengklaim mereka telah mencuri idenya dari film pendek tahun 2012 berjudul Montauk.

Tetapi ia mencabut gugatannya dua hari sebelum persidangan dijadwalkan akan dimulai di Los Angeles tahun lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya