Dari Chef Hingga Sutradara Komentari Video Anji dan Hadi Pranoto

Anji dan Hadi Pranoto
Sumber :
  • YouTube dunia manji

VIVA – Musisi Erdian Aji Prohartanto alias Anji belakangan ini terus menjadi sorotan di berbagai media sosial sejak kasus foto jenazah COVID-19 ramai diperbincangkan warganet. Saat ini, Anji kembali menjadi sorotan setelah mewawancari seseorang bernama Hadi Pranoto

Bikin Ngakak, Anji Jadi Korban Salah Sasaran Dikira Enji Eks Suami Ayu Ting Ting

Dalam video yang diunggah Anji, ia menuliskan Hadi Pranoto sebagai Pakar Mikrobiologi. Dalam video itu Hadi membahas berbagai hal mengenai COVID-19 dan salah satu yang menjadi sorotan saat Hadi mengungkapkan telah menemukan obat COVID-19. 

Video itupun mendapatkan berbagai tentangan dari publik figure. Mulai dari chef, komika, sutradara, bahkan sesama musisi turut menentang dan mempermasalahkan video Anji dengan Hadi itu. 

Sang Ayah Meninggal Dunia, Anji Ungkap Ibunya Sampai Pingsan Beberapa Kali

Berikut lima publik figur yang menetang video YouTube Anji:

Dr Tirta

Anji Ungkap Kronologi Sang Ayah Meninggal Dunia

Dr Tirta menyampaikan unek-uneknya pada Anji di twitter. Ia mengaku bingung apa yang sebenarnya diinginkan oleh Anji.

"Lama-lama bang @duniamanji bener-bener dah Hahahaha. Tujuan ente sbenernya apa sih bang Ane diemin karena males d cap pansos. Tapi soal statementmu soal obat covid. Wis lah. Mbok tulung @duniamanji  kalo mau bergaya ala bli JRX dan akun teluuur. Totalitas tanpa batas
Open pembatasan kolom komentar. Kalo cuma bernarasi nggiring tok. Yowis Prek ah,
" tulis Tirta. 

Tirta juga membantah jika penyebaran berita mengenai obat-obat COVID-19 tidak pernah diangkat ke publik. 

Baca juga: Digelar Tertutup, Pertemuan Anji dan Dokter Tirta Bahas Hal Ini

"Sebelum sampean  @duniamanji UGM, Unpad, Ui, Unair, Unand, Unhas, Eijmann juga bahu membahu menciptakan solusi covid. Obat herbal ini bahkan diangkat udah dari juni oleh beberapa media dan lagi proses uji klinis kalo ga salah. Trus ngapain  ente goreng seolah2 media cuek?" sambungnya. 

Namun, setelah itu Tirta dan Anji akan berdiskusi bersama yang akan digelar di Bandung, Jawa Barat, hari ini Selasa, 4 Agustus 2020. Diskusi keduanya akan digelar secara tertutup. 

Ernest Prakasa

Komika sekaligus sutradara film, Ernest Prakasa turut mengomentari video Anji dengan Hadi. Ia menganggap Anji merupakan orang pintar dan seharusnya bisa memilih narasumber dengan baik. 

"Setuju, Mas Anji jelas orang pinter. Kalo niatnya kritis demi fakta, harusnya bisa tau mana narsum beneran & mana yang abal2. Kecuali ya memang sekedar mementingkan engagement," tulis Ernest di Twitter. 

Mendengar kabar Anji dan Hadi akan dipolisikan, Ernest tentu tidak berharap begitu tetapi ia berharap banyak orang belajar dari kasus Anji. 

"Saya tidak berharap melihat Anji dipenjara. Tapi saya berharap ini akan membuat orang berpikir ulang sebelum menyebarkan konten sesat," tulisnya. 

Tompi

Tompi melalui akun twitter juga membuat cuitan panjang mengenai video Anji dengan Hadi. Ia menganggap bisa saja obat COVID-19 yang disampaikan benar adanya tetapi semua itu harus melalui uji klinis. 

"Lagi heboh banget ama berita @duniamanji wwcra profesor penemu obat covid , bukan GAK MUNGKIN loh, bs ajaa bener. Tp begini Anji, sebuah penemuan apalagi medis ya... HARUS di presentasikan dengan tata cara ilmiah, supaya teruji terukur dan bs diulang," tulis Tompi. 

Meski telah ada yang mengaku sembuh setelah meminum ramuannya Tompi menganggap semua ilmu harus tetap dibuktikan secara baik. Jika memang benar bisa menyembuhkan COVID-19 tentunya akan menjadi kabar baik untuk seluruh dunia. 

"Gak cukup hanya dengan gelar tikar dan pengumuman saja. Di sini sy menghimbau sang profesor utk mempublikasikannya. Bila bener, wah psti ini akan jadi berita superhero dunia. Ayo... kita dukung beliau publish supaya gak berkembang pendapat negatif," tulisnya. 

Tompi juga mengingatkan Anji untuk dapat mencari tahu terlebih dahulu siapa narasumber yang akan ia interview. 

"@duniamanji juga perlu ngecek latar belakang org yg diwawacara, verifikasi dulu. Trus wwcara ilmiah tentu berbeda ya dengan wawancara acara hanntu... penanya gak pake kaget, tapi terus menggali karena itu “basic”nya juga harus bener dulu. Ntar kl gak bahaya kawan. Bahaya kl main telen percaya ajaa, ada klaim taik kambing jadi obat pun akan di gadang sebagai penemuan," tulisnya. 

Joko Anwar

Seorang sutradara, Joko Anwar turut menanggapi video dari Anji dengan Hadi. Ia mengomentari bagaimana cara Anji memandu interview saat itu. Ia menganggap Anji harus bersyukur banyak yang mengingat hingga tidak ada masyarakat yang tertipu dengan video itu. 

"Ya kalo interviewnya ngulik klaim 'profesor' bener atau tidak ya oke. Ini sepanjang durasi manggut-manggut mengamini mengendorse kok. Ya sukur videonya dishare rame ditunjukin anehnya di mana biar nggak pada ketipu. Dan, plis, yg dipikir kok cuman view. Tipis kali purpose hidup," tulis Joko Anwar. 

Arnold Poernomo

Seorang Chef, Arnold Poernomo ikut geram dengan video yang diunggah oleh Anji. Ia menyoroti platform besar yang dimiliki oleh Anji dengan informasi yang diberikan oleh Hadi. 

"Anda sadar ga sih dengan status dan juga platform anda? @duniamanji itu di platform anda Om...grow up, man up and be responsible dengan konten atau apapun yang anda share ke ruang publik good or bad!" tulisnya. 

Arnold meminta Anji untuk melihat dampak dari konten yang disebarkan melalui platform miliknya. 

"Om mau sharing apapun itu boleh tapi lihat dampaknya ke org org...kalo sampe jadi informasi yg salah yg tanggung jawab siapa? Do you know what you’re doing? Like really? Stop spreading bs and giving false hope to people," tulisnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya