Dr. Tirta: Kasus Jerinx Gak Ada Urusan sama Konspirasi

Dokter Tirta.
Sumber :
  • Instagram/dr.tirta

VIVA – Dokter relawan, dr. Tirta mendapatkan tugas untuk datang ke Bali dan berdiskusi dengan berbagai tokoh masyarakat dan instansi untuk membicarakan mengenai pemulihan pariwisata dan COVID-19. Ia juga selalu bertemu dan berdiskusi dengan Jerinx dan istrinya, Nora Alexandra selama berada di Bali.

Top Trending: Kisah Mualaf Dokter Tirta hingga Willy Amrul Adik Kandung Buya Hamka Jadi Pendeta

Mendengarkan kabar Jerinx ditetapkan sebagai tersangka dan kini telah ditahan, terkait unggahan ‘IDI kacung WHO’, dr. Tirta mengaku sedih.

Baca Juga: Dituduh Sebabkan Jerinx Dilaporkan ke Polisi, Ini Kata dr. Tirta

Kisah Mualaf Dokter Tirta, Berawal dari Sang Ayah yang Dihina dan Diremehkan

Di hari di mana Jerinx ditahan, yakni 12 Agustus 2020, seharusnya dr. Tirta ikut dalam salah satu acara bersama dengan personel SID tersebut dan Nora.

"Ok saya jelasin ya, selama di bali, saya selalu berdiskusi dengan @jrxsid dan @ncdpapl , bahkan today harusnya bagi2 makanan bareng. Dibilang sedih ya sedih, soalnya kan jrx kawan. Gegara diksi bisa jadi melebar," tulis Tirta di akun Instagramnya, dikutip VIVA, Kamis, 13 Agustus 2020.

Benarkah Makan Telur Dadar Bisa Sebabkan Kanker? Begini Penjelasan dr. Tirta

Baca Juga: Pulang ke Rumah Tanpa Jerinx, Air Mata Istri Tak Terbendung

Tetapi sayangnya pria bernama lengkap Tirta Mandira Hudhi itu tidak dapat melakukan apa pun. Sebab, dalam hal ini ia bukanlah pelapor. Ia hanya sebagai orang yang membantu menjembatani diskusi dengan Jerinx.

Ia juga menyampaikan kalau sejak Senin, 10 Agustus 2020 ia sudah mengetahui Jerinx dipanggil sebagai tersangka. Untuk menghindari persepsi yang beragam, ia memutuskan untuk tidak menemui Jerinx.

"Akhirnya discuss dengan @gendovara , yg membawa pesan dari jrx. Fyi, jrx dan nora menyambut saya di bali kok. Sante aja," tulisnya.

Lebih lanjut, dr. Tirta uga menyampaikan yang dipermasalahkan dalam kasus tersebut bukan soal konspirasi yang selama ini disuarakan oleh Jerinx. Tetapi karena unggahan di media sosial Jerinx.

"Gini ya kawan2, kasus yg menjerat jrx ga ada urusan ama konspirasi dkk. Saya dah tny ini ke semua pihak, apalagi banyak pihak juga apresiasi bagi pangan 200-500 pcs per hari. gerakan ini jelas wajib didukung,” katanya.

Yg dimasalahin , adalah, ada 2 diksi yg diangkat dan dinilai ahli bahasa bermasalah yakni “bubarkan idi” dan “idi kacung who”," tambah dr. Tirta.

Menurutnya, memang niat awal Jerinx adalah menyampaikan kritik. Tetapi ada dua kalimat yang dianggap tendensius dan mengarah kepada ujaran kebencian.

"Siapa yg lapor? Adalah @ikatandokterindonesia melalui IDI BALI karena dari sudut IDI tendensi bubarkan itu menurut ahli bahasa adalah bisa melanggar. Menurut pihak @jrxsid itu adalah bentuk kritik (jika dibaca terusannya itu “bubarkan idi jika tak mmberikan penjelasan soal rapid buat ibu hamil”,” ucapnya.

Nah salah / tidaknya. Saya kamu, ga bisa ikut campur. Why? Soale udah bergulir di polda. So kita hanya bisa berdoa yg terbaik. Tapi saya paham kok maksud jerink. Apesnya pas diksi ae," tulis dr. Tirta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya