Diprotes Joko Anwar Soal Link Film Ilegal, Tjahjo Kumolo Minta Maaf

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • Cahyo Edi/VIVAnews.

VIVA – Nama Menteri Tjahjo Kumolo, sedang ramai diperbincangkan di Twitter. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia itu menjadi sorotan karena mengunggah beberapa link film yang tayang di YouTube secara Ilegal. Tjahjo mengunggah link-link film tersebut ke akun Twitter pribadinya, @tjahjo_kumolo.

Respons Tjahjo Kumolo soal Mars dan Himne KPK Ciptaan Istri Firli

Sontak saja, hal itu memancing banyak reaksi dari masyarakat, salah satunya dari sutradara ternama Joko Anwar. Melalui akun Twitter pribadinya, @jokoanwar, sutradara film Gundala itu mengungkapkan kekecewaannya.

Baca juga: Joko Anwar Sentil Menteri Bagikan Link Ilegal Film Indonesia

Mulai 2023, Pegawai Honorer Tak Lagi Dipakai Instansi Pemerintah

Menurut Joko Anwar, film-film itu telah diunggah ke YouTube secara ilegal tanpa mengantongi izin dari pemilik hak cipta film-film tersebut.

Pernyataan itu diunggah Joko dengan menyertakan foto screenshot dari unggahan Tjahjo Kumolo yang membagikan link film ilegal tersebut. Bahkan, Joko Anwar mengatakan bahwa tidak ada gunanya merayakan 75 tahun Indonesia merdeka, jika masih mengambil hak orang lain tanpa izin, apapun alasannya.

Menpan RB Tjahjo Kumolo Minta KPK Gencarkan OTT

“Banyak tautan yg dibagikan di sini diunggah secara ilegal tanpa ijin pemilik hak cipta filmnya,” tulis Joko Anwar, dikutip VIVA, Senin, 17 Agustus 2020.

“Gak ada gunanya kita merayakan 75 tahun merdeka kalau mengambil hak orang lain, apapun alasannya. Gak mungkin juga mengedukasi rakyat ttg HAKI kalau pemerintahnya aja gak paham,” tulis Joko Anwar menambahkan.

Baca juga: Keren! Presiden Marvel Studios Puji Imajinasi Joko Anwar

Setelah unggahan tersebut viral, Tjahjo Kumolo akhirnya mengunggah permintaan maaf. Tjahjo mengatakan bahwa ia mendapat link-link film itu dari WhatsApp. Saat ini Tjahjo juga sudah menghapus cuitan yang menampilkan link-link film ilegal tersebut.

“Yth Bp JokoAnwar Sutradara Film Perjuangan - sy mendpt kiriman WA koleksi film Perj. tsb - mengingat Hari Kemerdekaan RI - saya berbagi saja kpd Group via Twitts - mohon maaf kalau sy salah dan khilaf - kalau sy hrs membayar krn sy berbagi sy siap semampu saya, dmk Trims,” tulis Tjahjo Kumolo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya