Cerita Istri Putra Siregar Kerja Keras Bangun Bisnis dari Nol

Putra Siregar dan Istri, Septia Yetri Opani
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Sebuah kesuksesan itu tidak hadir secara instan. Dalam prosesnya dibutuhkan tekad dan perjuangan yang tinggi. Hal tersebut sebagaimana dialami Septia Yetri Opani, yang tidak lain istri dari pengusaha muda Putra Siregar.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Wanita kelahiran Perawang, 9 September 1996 itu berkisah bahwa dirinya pernah mengalami fase-fase negatif dalam membangun bisnisnya. Namun, dengan keyakinan yang teguh, kini dia memiliki bisnis pakaian wanita bernama @assyifa_exclusive. Bersama sang suami, dia juga meraup sukses dalam usaha toko handphone PStore.

Baca Juga: #TanyaDokter: Kalau Sudah Caesar 3 Kali Apakah Berisiko Hamil Lagi?

BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Jauh sebelumnya, Septia merupakan seorang karyawan di sebuah perusahaan di Batam. Saat itu, dia bekerja dari jam 07.00 hingga 17.00 WIB, sementara tepat di jam pulang kerjanya, dia harus kuliah. "Sering telat, dan dulu kalau telat disuruh keluar karena enggak boleh ikut jam pelajaran lagi," ujar Septia, pemilik akun Instagram @septiasiregar17, melalui keterangan tertulisnya, Selasa 18 Agustus 2020. 

"Saya kerja ya untuk ngebiayain kuliah saya. Karena saya bercita-cita ingin jadi seorang pebisnis waktu itu. Karena sering telat dan sering disuruh keluar karena telat jam pelajaran, saya memutuskan berhenti kerja dan coba berjualan online," lanjut Septia, yang kala itu kuliah di jurusan Manajemen Bisnis.

Industri Laboratorium Makin Kinclong, Lab Indonesia 2024 Soroti Hal Ini

Kali pertama berbisnis, ibu dari Assyifa Ramadhani Siregar (@assyifasiregar) dan Muhammad Khalid Attar Siregar (@khalidsiregarr) itu berdagang pakaian dengan sistem dropship. Selanjutnya, dengan didukung suami, dia juga jualan kosmetik melalui Instagram. Bahkan, Septia pernah juga menjalankan franchise merchandise Atta Halilintar, yakni AHHA.

"Saya banyak belajar dari suami saya, beliau juga mentor saya dalam berbisnis karena beliau lebih banyak pengalamannya, jadi saya sering mencontek ilmunya," ungkap Septia, yang pernah menjadi juara pertama kejuaraan pencak silat semasa SMP di Batam.

Dengan menjalankan banyak bisnis, istri Putra Siregar ini berharap dapat menciptakan banyak lapangan pekerjaan, sehingga bisa bermanfaat bagi orang banyak. Sedangkan dalam kegiatan sosial, Septia sering membagikan sembako, mengajak anak-anak muda peduli terhadap lingkungan dan orang sekitar, serta menciptakan bibit-bibit pengusaha muda baru dengan melaksanakan kegiatan seperti terjun langsung ke lapangan.

Baca Juga: Pandemi COVID-19, Caessar Hito dan Felicya Angelista Gagal Gelar Nikah

Pada kesempatan yang sama, Septia juga bercerita bagaimana dia dan Putra Siregar (@putrasiregarr17) kali pertama menginjakkan kaki di Jakarta. "Saya dan suami waktu itu 2016 kali pertama ke Jakarta, mau buka toko HP kecil-kecilan di depan Holland Bakery Condet," kata Septia.

Septia bersama suami harus berjalan kaki dari Asrama Rindam hingga ke Holland Bakery untuk mencari toko yang akan disewa. Hingga akhirnya Putra Siregar merasa cocok dengan salah satu toko di wilayah tersebut, karena ramai penduduk. Ketika pertama buka, mereka hanya menjual beberapa pcs handphone. "Kita tidurnya di dalam ruko kecil ukuran 2x2 meter. Tidur depan jalan raya, di ruko kecil dan tidur di lantai," ungkap Septia.

Beberapa bulan sejak pertama buka, dagangan mereka sangat laris, bahkan seringkali kehabisan stok. Pembelinya sangat banyak, namun jumlah barang dagangan mereka benar-benar terbatas. "Sekarang, ya alhamdulillah udah banyak cabang PStore ya. Sekarang udah dibagi-bagi per divisi, seperti laptop, tvstore, aksesoris. Ya, alhamdulillah banget, bisa ciptakan lapangan pekerjaan banyak juga," ucapnya.

Kehidupan Septia dengan Putra Siregar pun semakin lengkap dan bahagia dengan dikaruniai dua orang anak. "25 Mei 2018, Alhamdulillah kita dikaruniai anak yang cantik Assyifa Ramadhani Siregar. Alhamdulillah ya rezeki kayaknya semakin bertambah, apalagi kita dikelilingi orang-orang hebat, masyarakat di sini juga baik-baik. 2019, kita punya anak lagi, rezeki banget ya, anak cowok, ini pas banget sepasang. Muhammad Khalid Attar Siregar lahir 9 November 2019," ujar Septia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya