Deretan Skandal Kim Hanbin Sebelum Ramai Pemegang Saham IOK Company

B.I alias Kim Hanbin
Sumber :
  • Koreaboo

VIVA Kim Hanbin, yang lebih dikenal dengan nama panggung B.I, merupakan mantan leader iKON, boy group asuhan YG Entertainment. Namanya kini tengah jadi perbincangan lantaran disebut menjadi kandidat Direktur Eksekutif IOK Company.

Yoon Bomi Apink Pacaran dengan Produser Rado Selama 7 Tahun

Dengan beredar dokumen yang menyematkan namanya itu, pemilik nama asli Kim Hanbin tersebut akan membawahi agensi hiburan yang menaungi deretan aktor dan aktris ternama.

Namun, beberapa tahun sebelumnya, skandal B.I Eks iKON itu cukup menyita perhatian. Meski kini popularitasnya menanjak, tetap saja deretan skandalnya tak terlupakan. Apa saja skandal yang pernah menghampiri hidup Kim hanbin? Berikut faktanya dirangkum dari laman Koreaboo.

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan

B.I iKON Dicurigai Membeli LSD dan Mariyuana

Dalam sebuah laporan eksklusif, Dispatch mengungkapkan bahwa B.I dicurigai mencoba membeli LSD dan mariyuana, pada Agustus 2016. Log obrolan Kakaotalk yang termasuk dalam laporan Dispatch muncul pada Agustus 2016, setelah wanita berinisial "A" ditangkap karena melanggar Undang-Undang Pengawasan Narkoba.

Beberapa Selebgram Ditangkap Polres Jaksel, Siapa Saja Mereka?

Polisi menyita ponsel dari rumahnya, dan memperoleh log obrolan di mana dia dan BI mulai membahas narkoba pada April 2016. Dalam salah satu log obrolan, BI menanyakan tentang LSD, bertanya “A” tentang membeli 10 dosis sekaligus, dan meminta diskon pembelian besar. Dia juga bertanya tentang penggunaan LSD dan mariyuana bersama-sama.

Mengaku Pakai Narkoba lalu Mundur dari iKON

Pada 12 Juni, B.I atau Kim Hanbin meninggalkan pesan di Instagram-nya, meminta maaf atas tindakan yang tidak pantas dan menjelaskan mengapa dia tergoda untuk membeli narkoba pada tahun 2016. Dia juga mengumumkan keluar dari iKON.

Karena skandalnya, variety show yang menjadi bintang tamu B.I mengumumkan bahwa ia akan diedit dari rekaman terakhir. JTBC2 menghapus B.I dari Grand Buda-Guest dan SBS menghapusnya dari Law of the Jungle in Lost Jungle.

Sentimen Publik dan Petisi 

Sentimen publik tentang B.I terbagi. Beberapa netizen melihat keputusan B.I untuk mundur dari iKON sebagai pengakuan bersalah, dan dia dituduh memutihkan rambutnya untuk menghindari tes narkoba, seperti yang terlihat pada kasus Park Yoochun.

Di sisi lain, B.I telah menerima banyak sekali dukungan baik dari penggemar Korea maupun internasional. Petisi berjudul, "Hanbin Tidak Harus Meninggalkan iKON" saat ini mendekati 800.000 tanda tangan.

Ayahnya Terlibat Kasus Hukum

Ayah Kim Hanbin, Kim Jung Joo cukup memegang kendali di dunia bisnis. Kariernya sebagai pengusaha di bidang teknologi, Seunghwa Pretech, membuat Kim Jung Joo disegani.

Sayang, kabar tak sedap sempat hadir. Kim Jung Joo lengser dari jabatan presiden Seunghwa Pretech, diberitakan ditangkap dan didakwa karena tuduhan penggelapan dana alias korupsi. Kabar ini viral di komunitas Pann hingga muncul kecaman dari K-netz jelang debut Kim Hanbin.

Pemegang Saham

Kabar baik di tahun 2020 ini, dari hasil keputusan rapat umum Pemegang Saham IOK Company, tercantum bahwa B.I alias Kim Hanbin merupakan penyanyi yang bernaung di bawah 131 Label. Sehingga para iKONICS, sebutan nama fandom untuk iKON, berspekulasi bahwa penyanyi kelahiran 1996 itu telah mendirikan agensi sendiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya