Jerinx Hingga Ria Ricis, 5 Artis Ini Tuai Kontroversi COVID-19

I Gede Ari Astina alias Jerinx
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sederet artis dan influencer di Tanah Air sempat hangat diperbincangkan. Bukan karena karya atau prestasi yang dipamerkan melainkan kontroversi yang dilakukan terkait COVID-19 di tengah pandemi yang dihadapi dunia saat ini.

Bikin Ngakak, Anji Jadi Korban Salah Sasaran Dikira Enji Eks Suami Ayu Ting Ting

Tak sedikit para publik figur ini berani mengungkapkan teori yang dimilikinya terkait COVID-19. Namun, lantaran tak berbasis medis dan pengalaman lalu diungkap ke masyarakat awam, membuatnya dihujat bahkan berurusan dengan hukum.

Siapa saja mereka? Berikut 5 artis kontroversial terkait COVID-19 dirangkum dari laman VIVA.co.id:

Sang Ayah Meninggal Dunia, Anji Ungkap Ibunya Sampai Pingsan Beberapa Kali

Jerinx
Ikatan Dokter Indonesia (IDI) telah membuat laporan atas Jerinx di Polda Bali. IDI melaporkan salah satu unggahan Jerinx yang menuliskan kacung WHO dan kini sudah ditetapkan sebagai tersangka serta harus berdiam di balik jeruji besi.

Baca juga: Deretan Artis Berburu Karpet Mewah, Harganya Selangit

Anji Ungkap Kronologi Sang Ayah Meninggal Dunia

Perkara itu ramai lantaran Jerinx mulai banyak mengunggah di media sosial terkait laporan IDi tersebut. Jerinx juga meminta pelapor mencari tahu arti kacung dalam KBBI.

Selain itu, drummer SID tersebut menuliskan, banyak hal mengenai rapid tes yang dirasanya ganjal. Hal tersebut yang disuarakan Jerinx beberapa waktu belakangan. Ia menolak rapid tes menjadi syarat administrasi hingga akhirnya menyebut IDI sebagai Kacung WHO.

"Begitupun ibu hamil tak mampu bayar rapid hingga bayi meninggal. Orang patah tulang dipaksa rapid. Pasien jantung gak ditangani karena nunggu hasil swab akhirnya meninggal. Ribuan kasus macam itu terjadi tapi MEDIA BUNGKAM. Giliran yang begini, MEDIA REBUTAN. Asli, society kita memang dikontrol oleh kepentingan PEMILIK MODAL," tulis Jerinx.

Anji
Penyanyi Erdian Aji Prihartanto atau dikenal dengan Anji sempat menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, pada Senin 10 Agustus 2020.

Penyanyi 41 tahun itu diperiksa terkait kasus konten YouTube-nya dengan Hadi Pranoto yang mendapat banyak kecaman. Dalam konten YouTube tersebut, beberapa pernyataan yang diucapkan oleh Hadi dianggap keliru.

Karena hal tersebut, Anji dan Hadi dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid. Anji dan Hadi Pranoto dilaporkan, atas dugaan tindak pidana bidang ITE atau menyebarkan berita bohong.

Beberapa pernyataan Hadi disebut bisa meresahkan masyarakat seperti penemuannya akan obat herbal sebagai anti COVID-19.

Hadi juga menyebut dirinya sebagai dokter dan belakangan diketahui 'dokter' hanya sebagai bentuk nama panggilan, bukan gelar yang dimilikinya.

Anji pun dianggap tak melakukan riset dengan jelas sebelum mewawancarai seseorang hingga akhirnya bisa memicu kontroversi.

Ria Ricis
Selebgram sekaligus Youtuber Ria Yunita atau yang dikenal dengan sebutan Ria Ricis disemprot tetangga sekitar rumah nya. Sebab dia masih melakukan syuting dan mengumpulkan orang banyak di tengah anjuran pemerintah yang melarang berkumpul untuk hindari penularan virus corona atau COVID-19.

Aksi labrak dari tetangga Ria Ricis ini pun viral di media sosial. Warga sekitar geram dengan aksi Ria yang tetap santai meski sudah banyak yang terkena corona.

Di tengah hujatan oleh warganet, Ria Ricis akhirnya mengklarifikasi tentang kejadian tersebut. Menurut Ria, dia mengumpulkan kru memang untuk syuting namun tidak di rumah nya.

"Itu kumpul memang untuk pesan bakso di rumah. Niatnya mau bantu tukang bakso tapi malah kejadian. Tapi sudahlah kalau berpikirnya seperti itu,” ujar Ria saat live di Instagramnya.

“Tapi memang tukang baksonya kasihan. Nah syuting sih di tempat lain. Di rumah memang ada syuting yang pertama tapi sudah beberapa minggu lalu," tambahnya.

Indira Kalistha
YouTuber Indira Kalistha sempat ramai dibicarakan lantaran menganggap virus corona bukan hal yang besar. Influencer itu seolah meremehkan bahaya COVID-19.

“Aku tipe yang kayak, ' Corona? B aja (biasa saja)'," ujar Indira, dalam vlog Youtube bersama Gritte.

Meski video itu telah dihapus, namun ucapan kontroversi YouTuber yang mengenakan jilbab tersebut masih viral. Seperti keengganannya memakai masker lantaran merasa sesak. Ia mengaku hanya memakai masker jika ditegur.

"Kayak, 'Bu, bisa pakai maskernya?' Pakai. Tapi, kalau enggak ditegur, kita lepas lagi. Ini napas sayang-sayang ditutup-tutup gitu loh. Sesak, nih, dada juga sesak," ujarnya.

Selain itu, Indira mengaku ogah cuci tangan sebelum makan, di mana hal itu sangat berisiko tularkan virus. Bahkan, kematian akibat COVID-19 disepelekan olehnya.

"Wallahualam, lu kena corona, kek, kena penyakit apa, kek, demam berdarah, kek, semua bisa mati, lu tahu, hah? Emosi gue jadinya," kata dia.

Deddy Corbuzier dan Siti Fadilah
Deddy Corbuzier sempat dihujat lantaran mewawancarai mantan Menteri Kesehatan RI sekaligus narapidana korupsi Siti Fadilah di tengah COVID-19. Ayah satu anak itu juga menjadi kontroversi lantaran memberi fasilitas untuk Siti dalam mengungkapkan beberapa teori terkait virus corona.

Dalam video itu, Siti sempat mengaitkan virus corona dengan kasus flu burung. Siti tak membenarkan namun tak menyangkal kalau kemungkinan pandemi virus corona sama kasusnya dengan flu burung yang berhasil dia hentikan.

"Itu perkiraan saya, belum tentu benar belum tentu salah. Saya hanya menyampaikan ilmu pengetahuan," jawabnya singkat.

Beberapa kali, Siti juga sempat mencurigai ada yang membuat virus corona itu. Bahkan ia dengan tegas menyebut negara besar seperti China dan Amerika Serikat saja adalah korban pembuat virus corona.

Tak lama, Deddy segera membuat klarifikasi melalui video singkat di instagramnya. Kabar terkait Siti Fadilah pun kian mereda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya