Cerita Joy Tobing Positif sampai Dinyatakan Negatif COVID-19

Joy Tobing
Sumber :
  • Instagram @joydestinytobing

VIVA – Penyanyi Joy Tobing dinyatakan positif COVID-19 dan menambah deretan artis terpapar corona. Ia kini telah dinyatakan negatif dari virus corona. Joy menceritakan bagaimana akhirnya berjuang melawan virus tersebut.

Muncul Wabah Langka dan Mematikan di Jepang, 21 Orang Meninggal

Kegiatan Joy pada Agustus 2020 cukup padat. Ia menghadiri beberapa agenda virtual maupun tatap muka. Di akhir bulan tersebut, Joy merasa tidak enak badan. Ia mengalami demam, flu dan batuk.

Kala itu, Joy mengira perubahan cuaca yang membuat kondisi kesehatannya menurun. Bulan berikutnya, Joy harus mengisi acara di luar kota. Sebelum bisa naik pesawat, Joy menjalani rapid test bersama ibunya. Hasilnya menunjukkan Joy nonreaktif.

Kata Pj Gubernur soal Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ditahan Jaksa Karena Korupsi COVID-19

Baca juga: Soal Calon Pendamping Hidup, Ini Kata Joy Tobing

"Jadi kami rapid test dan hasilnya nonreaktif. Puji Tuhan, acara di luar kota itu berjalan dengan baik dan lancar, mulai tanggal 4 sampai 6," kata Joy Tobing kepada wartawan baru-baru ini.

Soekarno-Hatta Earns the Most Recovered Airport in Asia-Pacific

Sejak saat itu tidur Joy Tobing kurang nyenyak. Ia terbangun saat subuh dengan kondisi badan seperti orang keringat dingin. Lalu satu hari setelah dari luar kota, Joy Tobing menghadiri salah satu acara di stasiun televisi. Sepulangnya dari acara tersebut, Joy merada ada gangguan pada hidung dan lidahnya.

"Terus Kakak mulai mencium kayak bau-bau bakaran, bau bau asap, kakak pikir, waktu di acara itu ada orang yang merokok sehingga namanya kakak lagi batuk dan flu, bau-baunya tinggal di hidung," ucapnya.

Ia segera meminta adiknya yang berprofesi sebagai dokter untuk memeriksakan dirinya. Hasilnya bisa diketahui saat itu juga dan Joy dinyatakan positif.

"Dengan Antigen, jadi kedokteran sekarang ada swab dengan antigen dan bisa ketahuan hasilnya langsung, dan ternyata positif," kata Joy.

Joy Tobing melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Setelah itu, Joy melakukan swab test. Ia bersyukur karena hasilnya menunjukkan negatif COVID-19.

"Swab hari Jumat negatif, cuma memang kan harus tetap 14 hari kemudian supaya benar-benar pulih total dan memang belum boleh satu kamar dulu dengan Josua, dekat dekat dengan Mama dan yang lain-lain, enggak boleh," kata Joy Tobing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya