Para Pengisi Suara di Animasi Doraemon yang Telah Meninggal Dunia

Nurhasanah pengisi suara Doraemon
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Kabar duka datang dari dunia animasi Jepang. Pengisi suara asli dari Doraemon, Tomita Kosei pada usia 84 tahun. Pihak agenasi menyebut, Tomita Kosei meninggal pada 27 September 2020 lalu karena penyakit stroke yang dideritanya.

Ada Smartwatch Baru Tampil di PRJ, Desain Girly Harga Rp400 Ribu

Tidak hanya Tomita Kosei saja, beberapa pengisi suara dari kartun asal Jepang, Doraemon juga telah tutup usia. Berikut ini deretan pengisi suara dalam kartun Doraemon yang telah tutup usia.

1. Nurhasanah

5 Manga Ditinggal Mati Penciptanya, Ada Shin Chan Sampai Doraemon

Nurhasanah Iskandar, merupakan dubber kedua, dari serial animasi Doraemon. Pengisi suara doraemon Indonesia tersebut meninggal pada usia 62 tahun. 

Baca juga: Minum Dexamethasone Obati COVID-19, Dokter Sebut Donald Trump Kritis

Penggemar Berat, Pasangan ini Buat Pelaminan Bertema Doraemon

Kabar meninggalnya Nurhasanah ini langsung diumumkan sang anak pada 12 Juli 2020 lalu. Menurut keterangan, Nurhasanah meninggal pada pukul 15:00.

"Innalillahi wa innalillahi rojiun. Telah berpulang ke rahmatullah ibunda kami ibu Nurhasanah hari ini pukul 15.00 WIB. Mohon dimaafkan atas kesalahan semasa hidup mama saya," tulis sang anak, dikutip VIVA, Minggu 12 Juli 2020. 

2. Prabawati Sukarta

Prabawati Sukarta merupakan pengisi suara karakter Shizuka dalam animasi Doraemon untuk Indonesia. Prabawati dikabarkan meninggal dunia pada Senin malam, 15 Juni 2020 lalu.

Kabar duka ini diketahui dari unggahan akun Instagram resmi Indonesian Voice Talent pada Kamis 18 Juni 2020 lalu. 

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Menggunakan Masker, Jangan Ditiru

"Dubber "Shizuka" Prabawati Sukarta Dalam Serial Dora Emon Meninggal Dunia. Innalillahi wa innailaihirojiun. Kabar duka datang dari keluarga besar Radio Republik Indoneisa (RRI). Salah satu penyiar RRI era 1980an bernama Prabawati Sukarta meninggal dunia. Kabar duka ini pertama kali disampaikan melalui sang anak, Ady Aiman. Prabawati Sukarta dikabarkan tutup usia pada Senin (15/6/2020) malam," tulis akun tersebut.

Dubber Shizuka ini sendiri diketahui meninggal dunia pada usia 64 tahun. Dia diketahui juga sempat melawan penyakit ginjal yang dideritanya.

Prabawati yang juga merupakan penyiar RRI ini diketahui merupakan dubber pertama Shizuka sebelum digantikan Nurul Ulfah, Merysha Chandra dan Jessy Milanty. 

3. Tomita Kosei 

Pengisi suara asli kartun Doraemon, Tomita Kosei.

Pengisi suara pertama Doraemon, Tomita Kosei meninggal dunia pada 27 September 2020 lalu. Tomita Kosei meninggal pada usia 84 tahun karena penyakit stroke yang dideritanya. 

"Tomita Kosei (usia kematian, 84) meninggal dunia pada 27 September di tahun kedua Reiwa (2020) karena stroke," demikin pernyataan di situs agensi. 

Tomuta Kosei diketahui mengisi suara tokoh Doraemon sejak pertama kali kartun tersebut ditayangkan yakni pada tahun 1973 sebelum digantikan oleh Masako Nozawa. 

Tomita Kosei sempat menerima Achievement Award di Seiyu Awards ke-3 pada tahun 2009 lalu. Seiyu Awards merupakan sebuah upacara yang diadakan sebagai pengakuan atas bakat akting suara yang diadakan setiap tahun di Jepang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya