Eddie Van Halen, Gitaris Terbaik Sepanjang Masa dan Ikon Budaya Pop

Eddie Van Halen.
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Dunia musik tengah berduka dengan kepergian gitaris legendaris Eddie Van Halen. Eddie meninggal dunia di usia 65 tahun karena kanker di Rumah Sakit St. John di Santa Monica, Amerika Serikat, Selasa, 6 Oktober 2020.

Profil Dennis Talakua, Kekasih Marion Jola yang Usianya Terpaut 15 Tahun

Dilansir dari TMZ, Rabu, 7 Oktober 2020, Eddie disebut-sebut sebagai salah satu gitaris terbaik dan paling berpengaruh sepanjang masa. Ia pertama kali dikenal lewat solo gitarnya di lagu Erupsi Van Halen.

Baca Juga: Gitaris Legendaris Eddie Van Halen Meninggal Dunia karena Kanker

Andre Taulany dan Stinky Disomasi, Dilarang Nyanyi Lagu Mungkinkah

Eddie membentuk grup rock klasik itu di Pasadena pada 1972 dengan adiknya, Alex yang memegang posisi drummer, Michael Anthony bassist dan David Lee Roth sebagai vokalis.

Eddie Van Halen juga merupakan penulis lagu utama di album debut mereka tahun 1978. Album itu pun membawa Van Halen menjadi sangat terkenal di era 1980-an.

Selamat! Roby Geisha Umumkan Telah Resmi Menikah

Mereka pun mencetak deretan hits, termasuk Runnin' with the Devil, Unchained, Hot for Teacher, Panama dan Jump. Band itu terus mendulang kesuksesan dengan vokalis baru Sammy Hagar setelah Roth hengkang dari Van Halen pada 1985.

Sementara bandnya menuai popularitas tinggi, Eddie Van Halen juga menjadi ikon budaya pop dengan perilisan lagu Beat It milik Michael Jackson pada 1983, yang juga menampilkan solo gitar Eddie yang ikonik.

Meski sejumlah personel Van Halen telah berubah, Eddie dan Alex menjadi dua personel yang terus bertahan.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, Eddie meninggal dunia setelah lebih dari satu dekade berjuang melawan kanker paru-paru. Saat meninggal, ia ditemani oleh sang istri, Janie, anak laki-lakinya, Wolfgang, mantan istrinya, Valerie Bertinelli dan sang adik, Alex.

Eddie Van Halen.

"Dia adalah ayah terbaik yang bisa diberikan padaku. Setiap momen yang aku bagi dengannya di atas mau pun di luar panggung adalah sebuah anugerah," ucap Wolfgang mengenang sang ayah.

"Hatiku hancur dan aku rasa aku tak akan pernah benar-benar sembuh dari kehilangan ini. Aku sangat mencintaimu, Pop," tambahnya.

Anak Eddie Van Halen, Wolfgang diketahui menjadi bassist Van Halen pada 2006 lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya