Penyanyi Legendaris Johnny Nash Meninggal Dunia

Johnny Nash.
Sumber :
  • Michael Ochs Archives

VIVA – Penyanyi yang terkenal dengan lagu hit I Can See Clearly Now di tahun 1972, Johnny Nash meninggal dunia di usia 80tahun.

Kabar Duka, Stevie Agnecya Meninggal Dunia 

Dikutip dari CNN, menurut penuturan putranya, penyanyi dan penulis lagu reggea dan pop Amerika itu meninggal dunia karena penyebab alamiah di rumahnya di Houston, Amerika Serikat.

Johnny Nash memulai kariernya sebagai penyanyi pop di tahun 1950-an. Di tahun 1960-an, dia dan Danny Sims membentuk JAD Records. Saat tinggal di Jamaica, keduanya merekrut Bob Marley dan anggota grup lainnya, The Wailers.

Bintang Euphoria Angus Cloud Meninggal Usia 25 Tahun, Susul Mendiang Ayahnya

Baca juga: Gitaris Legendaris Eddie Van Halen Meninggal Dunia karena Kanker

"Johnny menyukai reggae. Dan dia menyukai Bob dan lainnya. Dia mengajarkan Bob bagaimana bernyanyi di depan mic, dan mereka mengajarkan bagaimana memainkan ritme reggae," kata Sims kepada Houston Chronicle di tahun 2012.

Innalillahi, Aktor Iqbal Pakula Meninggal Dunia

Lagu dengan pengaruh reggae I Can See Clearly Now menempati posisi No 1 di Billboard Hot 100 pada 4 November 1972. Menurut Billboard, lagu tersebut berada di puncak selama empat minggu.

Lagu itu kembali ke tangga lagu Billboard saat direkam ulang oleh bintang reggae Jamaica, Jimmy Cliff untuk soundtrack film Cool Running tahun 1993. Versi Cliff berhasil menduduki No. 11 pada tangga lagu Billboard.

Nash juga menyanyikan lagu tema pembuka untuk serial kartun The Mighty Hercules yang ditayangkan di tahun 1960-an.

Menurut situs Johnny Nash, dia merupakan penyanyi non-Jamaica pertama yang merekam musik reggae di Kingston, Jamaica.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya