Duh, Video Klip Via Vallen Jiplak Artis K-Pop Jadi Sorotan Media Asing

Via Vallen.
Sumber :
  • Instagram/viavallen

VIVA Video klip lagu terbaru Via Vallen mendadakn menjadi perbincangan hangat usai disebut menjiplak video klip milik penyanyi Korea Selatan IU. Video Via yang berjudul Kasih Dengarkanlah Aku sangat mirip dengan konsep video IU yang berjudul Above the Time.

Viral Momen Warga Suudzon dengan Polisi, Dikira Razia Ternyata Sedang Bagi-bagi Takjil

Heboh kemiripan video ini tidak hanya menjadi santapan media dalam negeri saja, tapi sudah masuk ke media internasional. Situs yang sering mengangkat berita dunia hiburan Korea Selatan, Allkpop, menampilkan foto-foto yang memperlihatkan kemiripan antara video klip lagu Via Vallen dengan video klip lagu IU.

Artikel yang dimuat di media tersebut berjudul ‘Netizen menganggap video musik Indonesia ini sangat mirip dengan video musik "Above the Time” IU’.

Indeks Keselamatan Jurnalis 2023 Ungkap Keamanan saat Peliputan Belum Terjamin Penuh

Seperti dilansir dari Allkpop, Sabtu, 24 Oktober 2020, baru-baru ini, komunitas online Korea sedang heboh karena seorang netizen Korea menemukan video musik dari penyanyi Indonesia, yang sangat mirip dengan video musik milik IU untuk lagu Above the Time.

Seorang netizen memposting beberapa foto tangkapan layar dari dua video musik tersebut secara berurutan. Netizen itu juga mengingatkan bahwa video musik tersebut bukanlah parodi, melainkan video musik sebenarnya yang dirilis oleh penyanyi Indonesia bernama Via Vallen.

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

Sejak postingan tersebut dibuat, banyak netizen Korea yang menyatakan bahwa penyanyi Indonesia tersebut telah blak-blakan menjiplak video musik IU, meski tanpa berusaha membuatnya terlalu kentara.

Sejak awal, berbagai aspek video musik telah ditiru dengan sangat erat. Alur ceritanya sangat mirip, dan bahkan alat peraga yang digunakan dalam video musik juga serupa.

Sejak kontroversi tersebut meningkat dan menyebar secara global, agensi dari penyanyi Indonesia tersebut membuat pernyataan yang mengklaim bahwa artis dan agensi hanya mengikuti arahan dari sutradara, dan tidak mengetahui mengenai kesamaan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya