Fenomena Selebriti Hijrah Bawa Oki Setiana Dewi Raih Gelar Doktor

Oki Setiana Dewi
Sumber :
  • VIVA/ Putri Dwi Rahmadani

VIVA – Ustazah Oki Setiana Dewi tengah berbahagia karena baru saja meraih gelar doktor hari Jumat, 23 Oktober 2020 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Desainer kenamaan ini mengambil konsentrasi dakwah dan komunikasi dengan judul disertasi Pengajian Selebriti Hijrah Kelas Menengah Muslim (2000-2019): Respon Atas Dakwah Salafi dan Jamaah Tabligh.

Lulus Cumlaude, Kombes Pol Yade Setiawan Sukses Raih Gelar Doktor

Tak mudah bagi bintang film Ketika Cinta Bertasbih itu untuk kuliah pascasarjana karena juga mengurus anak. Apalagi dia harus menyelesaikan disertasi sembari hamil anak ke empat.

Baca juga: Selamat! Oki Setiana Dewi Raih Gelar Doktor

Terpopuler: MUI Minta Film Kiblat Tidak Tayang sampai Harapan Teuku Ryan

Bahkan, Oki harus curi waktu untuk belajar ketika anak-anak tidur. "Saya itu belajar jam 2 pagi, pas anak-anak sudah tidur. Karena kalau pagi sampai sore kan harus ngurus mereka," kata Oki usai ujian promosi doktor.

Istri Ory Vitrio itu merasa lebih fokus saat tengah malam untuk belajar. Apalagi selama pandemi COVID-19 dia juga banyak waktu di rumah.

Jadi Saksi di Sidang Cerai Ria Ricis, Ini Kata Oki Setiana Dewi

"Memang fokusnya tengah malam. Alhamdulillah sepanjang ini kan pandemi, jadi kebanyakan waktu di rumah," tutur dia melanjutkan.

Sang suami selalu memberi semangat dan dukungan untuk menempuh pendidikan. Rio, sapaan sang suami, juga ikut membantu mengurus anak ketika Oki belajar.

"Iya, Abang itu kalau saya lagi belajar dia yang nemenin anak-anak. Jadi masya Allah, saya bersyukur. Saya cuma takut tidak bisa menyelesaikan disertasi ini dan keburu melahirkan. Makanya usaha betul supaya bisa sidang dalam waktu dekat. Alhamdulillah, Allah kasih jalan," ungkap Oki bahagia.

Baca juga: Sekolah Anak-anaknya Online, Oki Setiana Dewi Jadi Guru di Rumah

Adapun alasan Oki memilih penelitian dengan judul disertasi demikian karena memang terjadi pada kenyataannya. Rekan selebriti beberapa tahun belakangan yang memilih hijrah ke arah yang lebih baik.

"Artinya semangat beragama tampak besar terjadi di kelompok kelas menengah muslim. Khususnya selebriti berhijrah," ujar Oki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya