Mengenal Sosok Mendiang Dalang Kondang Ki Seno Nugroho

Ki Seno Nugroho.
Sumber :
  • Instagram @milfta_ms

VIVA – Dalang wayang kulit kondang asal Yogyakarta, Ki Seno Nugroho meninggal dunia pada Selasa malam, 3 November 2020. Ki Seno meninggal dunia di usia 48 tahun di RS PKU Muhammadiyah, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman.

Mengenal Wayang Kulit, Media Pendidikan Moral dan Lebih dari Hiburan

Kabar mengenai meninggalnya Ki Seno ramai diperbincangkan oleh seniman, penikmat wayang kulit, dan warga Yogyakarta. Selain itu, kabar meninggalnya Ki Seno Nugroho juga diberitakan oleh banyak media.

Baca Juga: Dalang Kondang Ki Seno Nugroho Meninggal Dunia

Pagelaran Wayang Kulit di HUT Bhayangkara, Kapolri: Pemimpin Nantinya Harus Merakyat

Dihimpun dari berbagai sumber, Ki Seno Nugroho lahir di Yogyakarta pada 23 Agustus 1972. Ia mulai menggeluti dunia pedalangan saat berusia 10 tahun. Kemudian, saat berusia 15 tahun, Ki Seno Nugroho mengawali kariernya sebagai seorang dalang.

Ki Seno mengagumi sosok dalang wayang kulit ternama yakni Ki Manteb Soedharsono. Karena rasa kagum kepada Ki Manteb Soedharsono, ia tertarik pada pedalangan dan terus menggelutinya.

Dikukuhkan Jadi Panglima Budaya, Yudo Margono ke Anak Muda: Jangan Merasa Kalah Bersaing!

Hingga akhir hayatnya, Ki Seno belum mempunyai sanggar pedalangan sendiri, tetapi sesekali beberapa orang dari mancanegara datang kepadanya untuk belajar mendalang. Kemudian, ia juga memiliki kelompok karawitan sendiri dengan jumlah anggotanya kurang lebih 50 orang. Kelompok karawitan itu diberi nama Wargo Laras.

Selain mendalang di Indonesia, Ki Seno Nugroho juga pernah diundang tampil di negara Belanda dan Belgia.

VIVA Militer: Tim Kolone Senapan Marinir Buka Parade Defile HUT TNI ke-77

Tidak Hanya di Indonesia,Perayaan HUT TNI Ke-78 Juga Akan Digelar di Amerika, Suriname, dan Malaysia

Mulai dari Operasi Katarak, Donor Darah, khitanan massal, pagelaran wayang kulit, hingga Pameran Alutsista akan meramaikan HUT Ke-78 TNI tahun 2023

img_title
VIVA.co.id
25 September 2023