Kourtney Kardashian Dihujat Gegara Sebut Masker Sebabkan Kanker

Kourtney Kardashian.
Sumber :
  • Instagram @kourtneykardash

VIVA – Kourtney Kardashian kembali menciptakan kontroversi setelah mengunggah Instagram Story berisi teori konsiprasi soal masker. Bintang Keeping Up with the Kardashians itu dikecam oleh warganet setelah menyebarkan teori konspirasi yang mengklaim bahwa masker bedah dapat menyebabkan kanker bagi mereka yang memakainya.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Kourtney Kardashian membagikan klaim, yang dianggap banyak orang sebagai informasi yang salah itu kepada lebih dari 102 juta pengikutnya.

Baca Juga: Kourtney Kardashian Sibuk Keliling Pasar Tradisional di Bali

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?

"Masker Biru yang diharuskan untuk dipakai di toko grosir dan pesawat terbang terbuat dari PTFE, karsinogen yang terbuat dari flouride sintetis. Menurut Cancer.org, ini meningkatkan risiko tumor hati, testis, pankreas, ginjal dan payudara, kolitis ulserativa, penyakit tiroid, preeklamsia dan kolesterol tinggi," demikian tulisan yang diunggah kakak Kim Kardashian itu.

"Paparan tinggi dapat menyebabkan gejala mirip influenza dan pendarahan di paru-paru, yang menyebabkan mati lemas," lanjut tulisan itu.

Terpopuler: Bagian Tubuh Ini Bisa Prediksi Ukuran Penis, hingga Faktor Risiko Kanker Serviks

l

Ibu tiga anak tersebut tidak menulis apa pun dan hanya menambahkan emoji wajah terkejut.

Tidak butuh waktu lama bagi warganet untuk melihat unggahan itu dan mengecam bintang reality TV tersebut karena menyebarkan klaim palsu.

"Tidak ada bukti yang mendukung klaim bahwa keberadaan PTFE dalam masker menyebabkan kanker," kata Dr. William Cance, kepala medis dan ilmuwan ACS, dikutip dari laman Ace Showbiz, Kamis, 5 November 2020.

"Sebagai ahli onkologi bedah, saya bersama dengan ribuan kolega di profesi perawatan kesehatan, telah memakai masker selama bertahun-tahun untuk melindungi pasien dari penyebaran infeksi," tambahnya.

Dokter lain menulis di Twitter, "Adalah satu hal bagi sembarang orang di media sosial untuk mengklaim bahwa masker menyebabkan kanker.. adalah hal lain bagi @kourtneykardash untuk melakukannya di Instagram Story-nya kepada lebih dari 100 juta pengikut. SANGAT IDAK DAPAT DITERIMA.

"Media sosial adalah cara mayoritas generasi kita mendapatkan info. @Kourtneykardash memberi tahu 102 juta pengikut Instagramnya hari ini bahwa masker menyebabkan kanker, sangat berbahaya. Dokter/ilmuwan, kita harus terus memerangi misinformasi, tidak peduli betapa melelahkannya hal itu," ucap warganet.

"@kourtneykardash Anda sangat tidak bertanggung jawab untuk mengunggah konten semacam ini dengan mengetahui ukuran platform Anda, terutama di era di mana informasi yang salah menyebar seperti api dan sudah ada masalah dengan kepatuhan masker dan keraguan besar akan sains aktual," tulis yang lain.

Sebelum kontroversi ini, Kourtney Kardashian juga menghadapi reaksi keras setelah dia mendukung kampanye kepresidenan Kanye West yang kontroversial. Di bulan Oktober 2020 lalu, bintang reality TV berusia 41 tahun itu membagikan foto dirinya sedang mengenakan topi bertuliskan 'Vote Kanye' dari merchandise kampanye saudara iparnya itu.

"Jadi Kourtney mendukung Kanye sebagai presiden? Saya harus mengatakan saya kecewa. Kupikir dia yang paling waras di keluarganya," kata warganet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya