Pergulatan Batin Dena Rachman Putuskan Jadi Transgender

Dena Rachman.
Sumber :
  • Instagram @denarachman

VIVA – Nama Dena Rachman sempat menjadi perbincangan hangat setelah blak-blakan mengungkap keputusannya untuk menjadi transgender. Dena Rachman yang kini berprofesi sebagai model ini akhirnya mantap mengambil keputusan besar untuk menjadi transgender pada tahun 2013.

Presiden AS Joe Biden Dikritik Gegara Umumkan Hari Transgender Bersamaan dengan Hari Paskah

Dena pun membagikan kisahnya dalam video di konten channel YouTube Daniel Mananta. Dalam video berdurasi 22 menit, diakuinya dia kepada Daniel Mananta tidak pernah memiliki trauma berat yang menjadi latar belakang untuk menjadi seorang transgender.

Namun, diakui Dena dirinya memiliki trauma pada dirinya sendiri. 

Merawat Kecantikan Sesuai Ajaran Islam: Tips dan Etika yang Diajarkan oleh Rasulullah

"Gue trauma dengan diri sendiri jadi karena gue merasa beda, gue berusaha menyesuaikan," kata Dena Rachman.

Dena melanjutkan, dia sempat merasa tidak nyaman karena ada satu hal yang tidak bisa dipenuhinya. 

Kerusuhan Antara Transgender Thailand dan Filipina di Bangkok, Polisi Ambil Tindakan Tegas

"Tapi struggle dengan diri sendiri, gue tau ada satu hal yang sifatnya formal yang ga bisa fullfill waktu itu orang liat gender gue saat itu. Jadi gue ga ngerasa ga nyaman gue jadi gue ga bisa jadi 100 persen pergumulan gue di dalam diri," jelas Dena.

Tidak hanya itu saja, diakui Dena dia juga sering merasakan perguluman di hatinya tentang kondisinya yang berbeda saat itu. Ditambah lagi kata dia, saat itu tidak ada orang yang bisa diajaknya untuk berbagi cerita. 

"Gue banyak bertanya di diri 'kenapa gue dilahirin, kenapa gini ya, gue ga mau kok, kenapa gue ngerasa seperti ini'. Dan gue enggak punya orang yang bisa dicurhatin karena enggak ada yang ngerti waktu itu. Dan waktu itu enggak ada role model. Gue ngerasa seperti anak hilang dan di rumah," jelas Dena.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya