Profil dan Biodata Didiet Protonema, Sempat Jadi Drummer Ari Lasso

Didiet Protonema
Sumber :
  • Instagram/didietprotonema

VIVA – Kabar duka menyelimuti dunia hiburan Tanah Air, Didiet Protonema yang memegang posisi sebagai drummer, dikabarkan berpulang pada hari ini, Kamis, 26 November 2020. Almarhum disemayamkan di rumah duka di Kiara Condong, Bandung, Jawa Barat.

Ulang Tahun, Ari Lasso Unggah Pesan Haru Sebelum Kemoterapi

Nama Didiet sendiri sudah tidak asing lagi di telinga para penikmat musik terutama di era 90-an. Didiet bersama dengan teman-temannya di SMA 10 Bandung membentuk band Protonema di tahun 1989. Protonema beranggotakan Doddy (bass), Gun Gun (keyboard), Didiet (drum), dan Sidik (gitar).

Protonema sendiri diambil dari istilah biologi yang berarti tunas lumut. Para personel mengharapkan agar band mereka dapat diterima di mana saja seperti tunas lumut dapat dengan mudah tumbuh di mana saja. Akhirnya, dari band sekolah, Protonema terus berkembang menjadi salah satu band papan atas Indonesia.

Ari Lasso Idap Kanker Limfoma, Begini Kondisi Terkininya

Sejak tahun 1991, band ini mulai sering manggung diberbagai kafe di Bandung. Beberapa di antaranya Bumi Sangkuriang, O'Hara, tavern Fame dan Laga. Tidak hanya itu, Protonema juga pernah menjadi home band radio OZ Bandung dalam acara Pub On The Air dan acara Music Cafe milik Radio Ardan.

Tahun 1996 menjadi tahun kesuksesan Didiet dan Protonema setelah meluncurkan album perdana mereka. Band ini semakin dikenal masyarakat luas. Kesuksesan Protonema saat itu semakin melonjak setelah bergabung dengan acara Pesta Pelajar HAI dan ANTV. 

Jalani Kemoterapi, Ari Lasso: Saya Sudah Gundul

Sayangnya, sejak kepergian Micko sang vokalis band Protonema tidak lagi mendapatkan kejayaannya. Bahkan, sosok Ian tidak mampu menggantikan Micko yang berujung pada jebloknya album ketiga mereka di pasaran. 

Pada tahun 2001, Didiet bergabung sebagai band pengiring dari Ari Lasso. Ia masuk pada tahun 2001 yang merupakan formasi pertama dari arilasso band hingga akhirnya keluar pada tahun 2013 lalu.

Dari beberapa unggahan di akun Instagram pribadinya, Didiet Protonema diketahui memiliki dua orang anak yang masih kecil.

Kabar kepergian Didiet ditulis lewat akun Instagram band Protonema. Melalui sebuah unggahan, band yang berbasis di Bandung itu menyampaikan bahwa drummer mereka telah berpulang dan meminta doa.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun Allahummaghfirlahu war hamhu wa 'afihi wa' fu'anhu. Semoga husnul khatimah Ngo. Selamat jalan. Mohon doa buat Didiet Drummer Protonema ya teman teman," tulis @protonema_band dikutip VIVA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya