Profil dan Biodata Gunawan Maryanto, Aktor Terbaik FFI 2020

Gunawan Maryanto.
Sumber :
  • Instagram @nusasonic

VIVA –  Gunawan Maryanto berhasil meraih penghargaan dalam acara Festival Film Indonesia (FFI) 2020. Gunawan meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik berkat aktingnya dalam film The Science of Fictions (Hiruk Pikuk Si Alkisah).

Sebelum Sabet Piala Citra, Prilly Latuconsina Curhat Pernah Dicap Alay

Gunawan berhasil meraih penghargaan tersebut setelah mengalahkan para nominator lain, mereka adalah Alqusyairi Radjamuda, Ario Bayu, Dion Wiyoko, Ibnu Jamil, dan Reza Rahadian. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, Gunawan Maryanto merupakan seorang pria kelahiran Yogyakarta, 10 April 1976, saat ini berusia 44 tahun. Selain aktor, Gunawan juga dikenal sebagai seorang penulis dan sutradara teater.

Raih Penghargaan FFI 2023, Rachel Vennya Ingat Titik Terendah Dalam Hidupnya

Gunawan Maryanto merupakan seorang seniman yang serba bisa. Selain menjadi penulis skenario drama dan menjadi sutradara, ia juga menulis karya-karya sastra antara lain adalah puisi, cerpen, dan kritik sastra.

Bersama Teater Garasi, Gunawan Maryanto mendapat hibah seni dari Yayasan Kelola untuk beberapa proyek kesenian yang dilakoninya. Kemampuan yang dimilikinya dalam bidang sastra dan teater membuat Gunawan sering diundang untuk menjadi pembicara dalam berbagai acara, seperti seminar, diskusi, pelatihan, workshop, dan juri festival. 

Daftar Lengkap Peraih Penghargaan Festival Film Indonesia 2023

Selain mendapat penghargaan di FFI 2020, pada tahun 2017 lalu, Gunawan juga memenangkan penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik dalam Usmar Ismail Award melalui film berjudul Istirahatlah Kata-kata. Dalam film itu, Gunawan berperan sebagai Widji Thukul.

Gunawan juga berhasil mendapat sederet penghargaan lain, di antaranya pada tahun 2007 lalu, puisi Jineman Uler Kambang mendapat Anugerah Budaya dari Departemen Kebudayaan dan Pariwisata untuk Media Cetak dan Elektronik kategori puisi.

Film Petualangan Sherina 2

Film Petulangan Sherina 2 Hingga Sewu Dino, Jadi Top 3 Box Office Indonesia Sepanjang 2023

Dalam beberapa tahun terakhir, industri film Indonesia telah mengalami transformasi signifikan. Khusus 2023, menjadi titik puncak kebangkitan perfilman Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
15 Februari 2024