Dengar Khotbah Ini, Ananda Soebandono Putuskan Pindah Agama

Ananda Soebandono.
Sumber :
  • Instagram/anandasoebandono

VIVA – Lahir dan besar di keluarga muslim, kakak Alyssa Soebandono, Ananda Soebandono memutuskan untuk memeluk agama kristen. Dia mengungkapnya lewat chanel YouTube Diaspora TV beberapa waktu yang lalu. Dia juga mengungkapkan alasan berpindah keyakinan.

Terpopuler: Rizky Irmansyah Ungkap Fakta Soal Nikita Mirzani, hingga Codeblue Hajar TKO Chef Arnold

Nanda, sapaan akrabnya, memulai cerita dengan awal perkenalannya dengan Kristen. Ia mengatakan kalau sejak kecil sang ibu yang berasal dari Manado, sering mengajaknya berkumpul dengan keluarga dari Manado. Setiap perayaan Hari Besar, termasuk Natal, Nanda selalu diajak.

Di sanalah kebimbangan akan jatidirinya sebagai seorang Muslim mulai muncul. Hingga di banku SMA dia mulai berpacaran dengan perempuan yang memeluk Kristen. Saat itu, ia sempat diajak ke gereja.

Alyssa Soebandono Unggah Foto Anak Ketiga yang Baru Lahir dan Ungkap Namanya

"Gue mulai ada getaran cuman enggak gue gubris sampai suatu saat ajak ke gereja gue deg-degan," lanjut cerita Ananda.

Sejak saat itu, Ananda merasakan ada kehampaan. Sampai suatu ketika di usia 20-an, seorang teman mengajaknya ke gereja di hari Minggu. Di sana dia mendengar khotbah yang menjadi awal perjalanan spiritualnya. Khotbah itu berisi tentang jatidiri. Usai mendengarnya, ia mengaku mendapat penglihatan. Apa yang dilihat oleh Ananda hingga mantap memeluk Kristen? Simak terus artikel selengkapnya berikut.

Selamat! Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Dikaruniai Anak Ketiga

Usai mendegar khotbah, Ananda merasa deg-degan dan akhirnya memanjatkan doa. "Gue cuman berdoa ‘Ya Allah aku ingin tahu siapa jatidiri aku sebenernya dan aku ingin tahu siapa sih aku yang ngerasain kehampaan selama ini’. Berkali-berkali. Sampai akhirnya gue dapat vision-nya itu seperti gambar pintu gereja tua masih jauh ketutup," jelas Ananda.

Ananda Soebandono menceritakan pengalamannya itu kepada temannya, bahwa ia merasa deg-degan usai berdoa meminta petunjuk jatidiri. Temannya memintanya untuk kembali berdoa agar hatinya mantap.

Di minggu berikutnya, Ananda kembali ke gereja dan mendapatkan pengalaman serupa. Dia kembali memanjatkan doa yang sama.

"Gue cuman berdoa 'Tuhan aku ingin tahu siapa jati diri aku, siapa yang tinggal dalam hatiku' sampai akhirnya dapat penglihatan pintu gereja tua. Kali ini pintunya lebih deket lebih jelas, makin deg-degan," lanjutnya.

Singkat cerita, Ananda dibawa kembali ke gereja bersama temannya dan mendengarkan khotbah.

"Saat itu khotbahnya 'You are the winner in your life karena Tuhan ada di hati kamu dan tangan Dia merencanakan segalanya untuk kamu'," tutur Ananda Soebandono.

Mendengar itu, perasaan Ananda Soebandono pun bergetar. Dia kembali berdoa meminta petunjuk. Lalu, dia mengaku kembali mendapat penglihatan yang pada akhirnya memantapkannya untuk berpindah keyakinan. 

"Gue dapet vision di mana pintu gereja lebih deket tapi kebuka, ada cahaya pas liat itu gue cuman nangis karena gue tau harus jawab apa, gue cuman bilang thank you Tuhan Yesus. Terima kasih pada Tuhan akhirnya gue tahu siapa Tuhan gue," ucap Ananda Sobenadono yang memutuskan berpindah keyakinan pada Februari 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya