Derita Stroke, Pengisi Suara Yoda 'Star Wars' Tidak Bisa Bicara

Tom Kane.
Sumber :
  • Mirror.co.uk/wireimage

VIVA – Aktor suara Tom Kane, yang dikenal dengan karyanya dalam berbagai waralaba Star Wars, menderita stroke dua bulan lalu. Akibatnya, aktor tersebut tak lagi bisa bicara.

Wisata Alam Sukabumi Viral Gegara Will Smith, Sandiaga: Luar Biasa!

Kabar ini diketahui melalui tulisan di Facebook yang dibuat oleh putrinya.

"Dia punya stroke bagian kiri yang membuat bagian kanannya melemah dan rusak hingga ke pusat bicara dari otaknya," tulis unggahan itu dikutip laman Variety.

Will Smith Diam-diam Baca Al-Quran saat Ramadhan: Begitu Terang nan Jelas

"Ini artinya saat ini dia tidak bisa berkomunikasi secara efisien dengan verbal, bahkan membaca atau mengeja. Dia masih kompeten dan sangat dirinya, tapi hanya bisa mengeluarkan beberapa kata sekarang," lanjut tulisan itu.

Stroke yang dideritanya membuat Kane tidak bisa melakukan pekerjaannya sebagai aktor suara. Selama kariernya, Kane sudah memberikan suaranya untuk Star Wars: The Clone Wars, yang mengantarkan dialog berbagai karakter termasuk Yoda, dan film Star Wars: The Clone Wars di mana dia mengisi suara Admiral Ackbar.

Kondisi Terkini Bruce Willis, Semangat Hidupnya Mulai Meredup

Kane juga pernah meminjamkan suaranya untuk serial kartun The Powerpuff Girls dari Cartoon Network, 'Archer' dari FX dan banyak gim video seperti Call of Duty serta beberapa gim Star Wars dan Marvel.

"Seperti yang kalian ketahui tentang stroke, masih ada peluang baginya mendapatkan fungsi ini bekerja kembali dan kami sudah menemukan perawatan yang terbaik di Kansas City untuk terapi bicara, bekerja dan fisik, tapi untuk saat ini, kami sudah diperingati oleh ahli sarafnya kalau dia mungkin tidak akan bisa melakukan isi suara lagi," tulis unggahan itu lagi.

Meski demikian, Kane, sudah mengalami perkembangan dalam kemampuan bicaranya, berkat terapi dan keinginan kuatnya. Dia bisa mengeluarkan beberapa kata saat ini dan suasana hati yang optimis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya