Perjalanan Musik Trio Macan, Hingga Chacha Sherly Meninggal

Trio Macan
Sumber :
  • Reporter Wahyu Firmansyah

VIVA – Kabar duka di tahun 2021 datang dari dunia hiburan. Mantan personel Trio Macan, Chacha Sherly meninggal dunia. Ia mengalami kecelakaan di tol Semarang-Solo.

Trio Macan Cari Personil Baru untuk Gantikan Posisi Nanda , Gegara Langgar Kontrak

Nama Trio Macan cukup tenar di industri musik dangdut. Selain aksi panggung yang cukup energik dan terkesan seksi, karya-karyanya yang mudah masuk di telinga masyarakat, hingga kabar terkait pergantian personelnya pun cukup sering disorot.

Lantas, seperti apa perjalanan karier, musik, hingga pergantian personel Trio Macan? Berikut fakta-faktanya dirangkum dari berbagai sumber.

Iwak Peyek Sampai SMS, Trio Macan Goyang Panggung Synchronize Fest 2023

Grup dangdut

Dirintis sejak 2004, grup dangdut ini memulai karier melalui performa di panggung-panggung kecil di sekitaran Jombang, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Aktif manggung membuat grup Trio Macan mampu melebarkan sayap ke ibu kota Jakarta pada 2005 silam.

The Rain Siap Nostalgia di Bungo Fest

Saat itu, Trio Macan berada dalam naungan manajemen Musik Proaktif. Beberapa lagu juga sudah mulai beredar di telinga masyarakat. Apa saja karya-karya Trio Macan? Simak kembali artikel ini.

Deretan karya

Meniti karier di Jakarta bukan hal yang mudah. Beruntung, Trio Macan mampu meraih kesuksesan melalui single Rindu Berat dalam album SMS di tahun 2006.

Kehebohan lagu tersebut membuatnya mampu meraih penghargaan dalam ajang MTV Musik Award di tahun yang sama. Di tahun selanjutnya, Trio Macan kembali menelurkan album Aku Punya Nama dengan singel Lagu Sexy.

Tiga tahun berselang, beberapa single milik Trio Macan kembali menggema seperti Makhluk Tuhan Paling Seksi, Dokter Cinta, Wonder Women, hingga Sakit Hati. Pada tahun 2013, Trio Macan merilis album baru berjudul Trio Macan dengan single Iwak Peyek.

Selanjutnya, Trio Macan masih aktif merilis berbagai single meski belum kembali menelurkan album baru. Single terakhir tercatat pada tahun 2018 lalu dengan judul Karna Su Sayang (Remix).

Personel

Photo :
  • VIVAnews / Gestina Rachmawati

Formasi awal Trio Macan di tahun 2004 beranggotakan tiga orang yaitu Lia Ladysta, Iva Novanda, dan Nita Viola. Pasca tiga tahun, Nita mundur dan diganti oleh Dian Aditya.

Perombakan terus terjadi pada 2008, Dian memilih cuti dan diganti oleh Ayu Terra. Disusul Iva yang diganti oleh Yenny Anggraini. Di akhir 2009, Lia menyusul meninggalkan grup tersebut yang diganti dengan penyanyi bernama sama, yaitu Lia Amelia. Dengan begitu, personel lama Trio Macan sudah diganti semua.

Namun, di tahun berikutnya, dua personel lama yaitu Iva dan Dian kembali bergabung. Lagi-lagi di tahun 2011, Dian memilih pergi yang membuat Trio Macan ketar-ketir hingga vakum cukup lama.

Akhirnya posisi Dian diganti oleh Chacha Sherly. Selanjutnya, Iva ikut mengundurkan diri pada 2014 dan diganti oleh Dara Rafika melalui sebuah audisi. Terakhir, Trio Macan resmi beranggotakan Lia Amelia, Dara Rafika, dan Chacha Sherly.

Tak ada personel

Kini Trio Macan sudah tak memiliki personel lantaran ketiganya telah hengkang usai kontraknya tak lagi diperpanjang. Hal itu diakui Chacha Sherly beberapa waktu lalu.

Perempuan kelahiran 23 Januari 1991 tersebut sempat mengaku kontrak dirinya dan Trio Macan berakhir pada Desember 2019. Kontraknya tak lagi diperpanjang, sama seperti kedua anggota lain.

"Grupnya masih ada, tapi enggak tahu personelnya siapa," ucapnya kala itu.

Meninggalnya Chacha

Photo :
  • Instagram @chacha.sherly

Kabar meninggal Chacha Sherly seketika menyeruak. Diketahui, Chacha meninggal dalam perjalanan di tol Semarang-Solo, tepatnya kilometer 428.

Manajer Chacha, Okky, mengonfirmasi kabar kematian tersebut. Meski begitu, Okky belum membeberkan detail kematian Chacha lantaran masih dalam proses penyelidikan.

"Iya (meninggal dunia). Aku lagi request ngurusin dulu. Sebentar ya," jawab Okky saat dikonfirmasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya