Profil Cicely Tyson, Aktris Legendaris Meninggal di Usia 96 Tahun

Cicely Tyson dalam film The Help.
Sumber :
  • IMDb

VIVA – Berita duka datang dari Hollywood. Salah satu aktris terbaik mereka, Cicely Tyson meninggal dunia, Kamis, 28 Januari 2021. Ia merupakan ikon Hollywood dan aktris legendaris yang populer di dunia teater, film dan televisi. Tyson meninggal di usia 96 tahun.

Bintang Squid Game, Lee Jung Jae Gabung Agensi Besar Hollywood

Dilansir dari laman Variety, Jumat, 29 Januari 2021, Cicely Tyson membuat debut filmnya dengan peran kecil dalam Twelve Angry Men (1957) dan debut resminya adalah lewat film Odds Against Tomorrow (1959), diikuti oleh The Comedians, The Last Angry Man, A Man Called Adam dan The Heart Is a Lonely Hunter.

Menolak untuk berpartisipasi dalam film blaxploitation yang menjadi populer di akhir tahun 1960-an, dia menunggu hingga 1972 untuk kembali ke layar kaca dalam drama Sounder, yang meraih beberapa nominasi Oscar, termasuk satu untuk Tyson sebagai aktris terbaik pada 1973. Ia juga pernah meraih Piala Kehormatan Oscar pada 2018.

15 Artis Hollywood Ini Sukses Meski Putus Sekolah dan Tak Kuliah

Terlepas dari prestasinya di atas panggung teater dan di film, banyak dari pekerjaan terbaik aktris itu dilakukan untuk televisi.

Selain serial Miss Jane Pittman, Tyson juga tampil luar biasa di Roots, The Wilma Rudolph Story, King: The Martin Luther King Story, When No One Would Listen, A Woman Called Moses, The Marva Collins Story, The Women of Brewster Place, The Oldest Living Confederate Widow Tells All dan serial adaptasi Trip to Bountiful.

5 Artis Pakai Ibu Pengganti Demi Punya Anak, Terbaru Priyanka Chopra!

Klik halaman selanjutnya untuk terus membaca.

Sepanjang kariernya, Tyson menolak untuk berperan sebagai pecandu narkoba, pelacur atau pembantu, peran yang menurutnya merendahkan wanita kulit hitam. Tetapi ketika tawaran peran tadi datang di film yang benar-benar bagus dan berkualitas, dia menerimanya dan menunjukkan aktinya yang sangat baik. Seperti di film The Help (2011).

Di atas panggung teater, dia berada di produksi asli Off Broadway tahun 1961 dari The Blacks karya Jean Genet dan, beberapa dekade kemudian, dia memenangkan Tony Awards untuk peran utamanya dalam kebangkitan kembali The Trip to Bountiful.

Di televisi, dia mendapatkan peran berulang pertama untuk seorang wanita kulit hitam dalam serial drama, East Side / West Side, dan aktris tersebut kemudian memenangkan dua piala Emmy yang sangat pantas untuk Miss Jane Pittman Autobigraohy (1974). Dia dinominasikan di Emmy Awards sebanyak 16 kali dalam kariernya, juga memenangkan kategori aktris pendukung.

Ia juga lima kali masuk nominasi untuk aktris tamu dalam drama How to Get Away With Murder.

Aktris ini menjadi terkenal berkat peran utamanya dalam Miss Jane Pittman. Dia tetap tampil sesekali di layar lebar juga di film-film termasuk A Hero Ain't Nothin 'But a Sandwich, Bustin' Loose, Fried Green Tomatoes dan Hoodlum.

Baca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui berita selengkapnya.

Tyson kembali ke Broadway pada tahun 1983 untuk membintangi kebangkitan singkat The Corn Is Green.

Di televisi dia juga tampil dalam sebagai pemeran utama di Ms. Scrooge, Benny's Place, Playing With Fire, Acceptable Risks, Heat Wave, Duplicates, A Lesson Before Dying dan Rosa Parks Story.

Dia juga menjadi salah satu dari 25 wanita kulit hitam yang dihormati atas kontribusi mereka pada seni, hiburan, dan hak-hak sipil sebagai bagian dari Oprah Winfrey's Legends Ball tahun 2005.

Tyson juga salah satu anggota pendiri Dance Theater of Harlem pada 1969.

Cicely Tyson menikah dengan Miles Davis dari tahun 1981 hingga 1988.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya